DIGEMBLENG DI IHS, BUPATI SUKABUMI CARI INOVASI DAN STRATEGI PEMERATAAN PEMBANGUNAN

36

berantasonline.com (Sukabumi) –
Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan Kepala Daerah dan penyelenggaran daerah dalam bidang perencanaan dan pengelolaan tata ruang wilayah, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerjasama dengan Institute For Housing And Urban Development Studies (IHS), Erasmus University Rotterdam Belanda, menyelenggarakan kegiatan Short Course terkait dengan pengelolaan tata ruang wilayah yang baik dan sesuai dengan geografis daerah pada 28 Agustus lalu, hingga 6 September 2018 mendatang.

“Short Course ini menjadi sangat strategis mengingat masih banyak daerah di Indonesia yang belum sesuai dalam pengelolaan tata ruang dan perencanaan di wilayahnya” jelas Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melalui pesan Aplikasinya, Senin (3/09).

Tak hanya Kabupaten Sukabumi, beberapa Kabupaten di Indonesia juga mengikuti kegiatan yang di selenggrakan APKASI ini, seluruh peserta di gembleng dalam ruangan yang sama dan dibekali materi pengelolaan tata ruang dan perencanaan pembangunan wilayah.

Output dari kegiatan ini mengharapkan para Kepala Daerah dapat memahami kondisi wilayah serta mampu membuat Strategi Inovasi terkait percepatan pemerataan pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

” di kelas yang sama kami di gembleng strategi pemerataan pembangunan wilayah, dimana penataan ruang isu lingkungan menjadi perhatian, selain itu kami juga di ajak ke beberapa kota untuk melakukan uji tiru dan pertemuan bisnis dengan para pelaku usaha atau asosiasi bisnis, salah satunya
pertemuan di Brussel Belgia dengan para pengusaha Agro Industri, Media, pengelola pelabuhan dan peneliti pertanian” tambahnya.

Bupati mengaku, banyak sekali program dan strategi perencanaan wilayah yang bagus untuk di terapkan di Kabupaten Sukabumi, sehingga pemerataan pembangunan kedepan dapat meningkatkan potensi wilayah serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang kualitas untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

” Kuncinya adalah peran serta masyarakat, di samping Pemerintah menyediakan Regulasinya, masyarakat, dunia usaha dan Stakeholders lainnya berkomitment untuk bergerak bersama mendukung program pembangunan yang tengah di jalankan oleh Pemerintah, sehingga kedepan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik bisa segera terwujud” pungkasnya.

(EBI/RISWAN)