Diduga Terjadi Penyelewengan, DPC APDESI Pesisir Barat Desak BPK Lakukan Audit Anggaran DPRD Tahun 2017/2018

447

berantasonline.com (Lampung) – Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Pesisir Barat melayangkan surat yang ditujukan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Lampung, guna melakukan penyelidikan terkait kinerja, dan dugaan kuat adanya penyelewengan mata anggaran Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat tahun anggaran 2017-2018.

Dalam surat DPC APDESI Kabupaten Pesisir Barat tertanggal 31 Januari 2019 yang ditanda tangani Ketua DPC APDESI Arif Mufti dan Sekretaris Noprian Adhiaksa tersebut, meminta agar BPK Perwakilan Provinsi Lampung untuk segera melakukan Audit investigasi dan penyelidikan terkait mata anggaran Bimtek, anggaran studi banding, dan anggaran reses anggota dewan.

Arief Mufti kepada berantasonline,com, Minggu (03/02) menjelaskan, bahwa langkah tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Pesisir Barat, “Kan dana yang mereka pakai itu asalnya dari rakyat”, jelasnya. Namun Arief tidak menjelaskan berapa nilai anggaran dimaksud.

Menurutnya, dalam waktu dekat DPC APDESI Kab Pesisir Barat bakal melakukan unjuk rasa ke Kantor BPK RI di Bandar Lampung, “Kita akan lakukan unjuk rasa besar besaran, meminta agar BPK segera melakukan investigasi, dan ini bukan cuma gertakan atau basi basi, kita akan lakukan itu dalam waktu dekat ini”, tegas Arief.

Belum diperoleh keterangan dari pihak DPRD Kab Pesisir Barat terkait surat APDESI tersebut. Sekretaris DPRD, Lekat Maulana, Minggu petang (3/2) telah berkali-kali dihubungi Wartawan berantasonline.com melalui ponselnya namun tidak diangkat.

Perlu diketahui, langkah DPC APDESI tersebut, menyusul tindakan DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang melayangkan surat permohonan pemeriksaan khusus kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung terkait dugaan penyalahgunaan anggaran dana desa (DD) di sejumlah pekon khususnya di Pekon Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan dan Pekon Sumberagung Kecamatan Ngambur.

(Benk/red.3)