DEWAN GURU SMK NURUL HUDA BAROS BERSILATURAHMI DENGAN WALI SISWA JELANG UJIAN NASIONAL

189

berantasonline.com (Serang Banten) – Dewan Guru SMK NURUL HUDA Kec Baros Kab Serang mengadakan acara silaturahmi dengan wali siswa, Selasa (15/1), di Aula SMK Nurul Huda.

Kepala SMK Nurul Huda Baros, Mahrus mengatakan, melalui silaturahmi tersebut  wali siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan untuk mengawasi dan memperhatikan putra putrinya di saat pulang dan berangkat sekolah.

“Disamping itu agar orang tua dapat memotivasi anak untuk giat belajar, sebentar lagi akan mengikuti ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) secara online dan ujian sekolah berstandar Nasional (USBN), untuk itu ujian kompetensi program keahlian (praktik) ujian kompetensi keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK”, ujarnya.

Pelaksanaan UKK, sambung Mahrus, bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang di tempuh selama masa pembelajaran di SMK, UKK di laksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan keterampilan dan sikap pada 1 event, UKK dapat di laksanakan menggunakan standar yang di tetapkan oleh industri, yang di keluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan di tempat tempat uji kompetensi.

“Secara umum perangkat uji kompetensi keahlian terdiri atas soal praktik kejuruan (SPK) adalah berupa penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/ jasa pedoman, penilaian soal praktik ( ppsp) adalah instrumen yang di gunakan untuk pemberian skor setiap komponen pencapaian kompetensi dan kerateria/ rubrik penilaian”, tandasnya.

Mahrus menjelaskan, SMK dalam pelaksanaan UKK melibatkan dunia usaha/ dunia industri (DUDI) atau industri pasangan berskala internasional, nasional, atau lokal dan memiliki pekerjaan utama yang relevan dengan kompetensi keahlian peserta yang akan di ujikan.

Persyaratan DUDI adalah telah bekerja sama dengan SMK minimal 1 tahun dan telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah antara lain sebagai guru, atau terlibat dalam penyusunan kurikulum SMK atau sebagai tempat magang peserta uji.

“DUDI memberikan kontribusi dalam penyusunan instrumen pengujian, menyiapkan penguji/asesor mempasilitasi TUK. SMK bersama sama dengan DUDI atau institusi pasangan menerbitkan dan menandatangani sertifikat kompetensi atau yang setara bagi peserta uji yang di nyatakan lulus oleh tim penguji, ujian kompetensi di SMK NURUL HUDA tahun 2018/2019”, paparnya.

Adapun DUDI yang telah menjalin kerjasama yakni PT. Indah kiat pulp And paper keragilan, PT. Mitsuba Cikande, PT. Indonesia Nippon Saiki Cikande, PT. Sosro Pandeglang, PT. Alafria, PT. Banten Raya TV (Baraya tv), dan PT. Prima plaat.

Mahrus mengharapkan, orang tua siswa untuk memperhatikan JADWAL TENTATIF kegiatan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ujian kompetensi keahlian (UKOM) ujian sekolah berstandar Nasional (USBN) ujian praktik khutwatul wada dan wisuda siswa kelas XII SMK NURUL HUDA BAROS tahun 2018/2019.

URAIAN KEGIATAN :

04 -08 Pebruari 2018 simulasi UNBK ke 2. Tanggal 03-04 Maret 2019 pra ujian kompetensi keahlian (UKOM internal) 04-09 Maret 2019 ujian praktik 6 mata pelajaran,11-15 Maret 2019 ujian sekolah berstandar Nasional (USBN) 18-22 Maret 2019 simulasi UNBK ke 3 geladi bersih UNBK 25-28 Maret 2019 ujian nasional berbasis komputer utama,03-04 April 2019 ujian kompetensi keahlian semua jurusan (ukom utama) 15-16 April 2019 UNBK susulan AMK sederajat, 28 April 2019 khutwatul wada/wisuda siswa kelas XII, 06-09 April 2019 pengumuman hasil ujian nasional, Mei 2019 penandatanganan ijazah dan sidik jari.

(Rais)