Desa Sumurgede Diresmikan Oleh Bupati Karawang Sebagai Kampung Lele Mutiara

43

berantasonline.com KARAWANG

Kabupaten Karawang bukan hanya kota industri,akan tetapi wilayah yang telah dikenal dan dijuluki sebagai lumbung padi,juga memiliki potensi dijadikan tempat budidaya ikan lele mutiara yang dapat manfaat,berpenghasilan cukup besar.

Sebagai Kepala Daerah dr.cellica Nurachdiana “kampung lele mutiara yang diresmikan Rabu 2 Juni tahun 2021 berlokasi didusun ll Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon,agar dijadikan oleh masyarakat sebagai tempat pekerjaan sekaligus dapat menghasilkan untuk membantu pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi virus Corona-19.

Secara nalar untuk mencari penghasilan tidak hanya harus beraktivitas bekerja dipabrik, dengan budidaya ikan lele mutiara selain menciptakan penghasilan,juga dapat membuka lapangan pekerjaan dalam upaya menggerakkan perekonomian manakala adanya kemauan. Ungkap dr.cellica Bupati Karawang (2Juni-2021).

Hal senada Menurut Hanafi Plt Kepala Dinas kelautan dan perikanan modal untuk budidaya ikan lele 1-5 juta rupiah dapat menghasilkan keuntungan hingga 13 juta rupiah permusim tanam.
Keberadaan Kampung Lele Mutiara didasarkan atas nota kesepakatan antara balai riset pembudidayaan ikan kementrian kelautan dan perikanan dan dinas perikanan kabupaten Karawang.

Adapun penetapan lokasi kampung lele mutiara Diwilayah Desa sumurgede oleh karena daerah bebas banjir,akses jalan mudah dijangkau dan memiliki akses internet yang mudah.Dan tercatat kecamatan cilamaya kulon wilayah yang terbanyak dikabupaten Karawang yang menjadi pembudidaya ikan lele mutiara.ucap Hanafi.

Begitupun menurut Kepala Desa Sumurgede Hasan Permana disela acara usai peresmian,penaburan benih kekolam,penandatanganan prasasti, gunting pita” berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan dan menjadikan kampung lele mutiara yang diresmikan oleh Bupati Karawang, sebagai tempat bekerja, beraktivitas usaha produktif untuk menopang kebutuhan hidup ditengah suasana pandemi Covid-19.

Kades Hasan Permana juga meminta agar pemerintah kabupaten Karawang lewat Dinas serta pihak yang dekat dan bersentuhan langsung dengan kegiatan kampung lele mutiara, aktif dalam pengawasan, pembinaan/education,menyediakan fasilitas sarana dan prasarana secara maksimal,agar manfaatnya sesuai harapan dan menjadi alternatif selain menjadi buruh tani,pedagang dan buruh pabrik.pinta kades sumurgede berharap.(2-juni-2021)

(Yusup)