Desa Jambuluwuk Ciawi Lanjutkan Bangun Infrastruktur

59

berantasonline.com (BOGOR)

Pemerintah Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, melanjutkan realisasi Dana Desa (DD) tahun 2019 membangun sejumlah infrastruktur.

Pjs Kepala Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi, Endang melalui Kaur Pembangunan Dedi mengatakan, Pemerintahan Desa, BPD, LPM, Pendamping Desa, dan warga masyarakat Desa Jambuluwuk merealisasikan Dana Desa tahun 2019 dengan melanjutkan pembangunan infrastruktur seperti pengaspalan jalan lingkungan, Tembok Penahan Tebing (TPT), dan pipanisasi sarana air bersih tersebar diwilayah setiap RW.

“Alhamdulillah sesuai dengan hasil musyawarah kita bersama tokoh dan masyarakat Desa Jambuluwuk, terdiri dari 06 RW akhirnya dapat merealisasikan DD untuk pengaspalan jalan-jalan lingkungan diwilayah RW 01,02,03,Tembok penahan tanah (TPT) RW 01,03,04, dan pipanisasi sarana air bersih RW 02,03, yang sebelumnya tahun 2018 dimulai dari RW 05,06 sekarang hampir memenuhi target 100 persen,” ungkapnya kepada wartawan berantasonline.com saat pelaksanaan pengaspalan di RW 02, Kamis (03/10).

Dedi mengatakan, Pembangunan infrastruktur jalan sebagai strategi meningkatkan perekonomian warga, “Pengaspalan jalan lingkungan Desa Jambuluwuk mencapai 1000 meter lebih tersebar diwilayah RW 01, RW 02 dan RW 03 sampai kedepan rumah warga, jadi sekarang tidak licin, tidak berlubang dan tidak berlumpur lagi, sehingga memperlancar sistem mobilisasi dan silaturahmi,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua RW 03 Desa Jambuluwuk, M Yusuf bersama Warga Desa Jambuluwuk, Asep menuturkan, selain jalan sudah diaspal, warga juga dapat menikmati sarana air bersih, dan juga dengan pelaksanaan DD Desa Jambuluwuk dapat mengurangi angka penganguran.

“Alhamdulillah, Jalan sudah bagus, wilaýah rawan longsor telah diperbaiki, sarana air bersih lancar dan yang nganggur dapat ikut bekerja diproyek pembangunan,” pungkasnya.

Asep menambahkan, warga juga berpartisipasi mengawasi pelaksanaan proyek agar mendapatkan kualitas terbaik, “Alhamdulillah jadi ga ngangur lagi, kita juga melihat hasilnya puas bagus mantap, ya kalau rumah kita sedikit kotor agak belepotan wajar dong, kalau sudah selesai dibersihin rapih lagi seperti semula,” pungkasnya.

(Suhaimi/Zul)