Debat Pilkada Depok Sesi 2 Tanpa Mohammad Idris

142

berantasonline.com Depok

Calon Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono kali ini harus tampil seorang diri dalam debat sesi kedua yang digelar pada 30 November 2020, lantaran calon walikota Depok Mohammad Idris, dinyatakan positif Covid-19.

“Saya siap tampil dalam debat kedua walaupun tanpa didampingi oleh Pak Kyai Idris,” kata Imam di Depok, Jumat (27/11/2020).

“Saya selaku (calon) wakil wali kota Depok pendamping beliau siap untuk melanjutkan debat,” tegasnya.

Imam juga mengajak warga Depok untuk mendoakan agar Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris segera diberikan kesembuhan dan kesehatan dan kita semua juga di jaga Allah SWT agar terhindar dari segala macam penyakit dan bencana.

Berdasarkan keterangan resmi tim sukses pemenangan Mohammad Idris – Imam Budi Hartono, bahwa berdasarkan hasil swab PCR dinyatakan positif covid-19.

“Sahabat warga Depok dan rekan-rekan media yang saya cintai, dalam kesempatan ini saya menyampaikan kabar bahwa berdasarkan hasil swab PCR hari ini (Rabu 25/11/2020), saya terkonfirmasi positif,” ujar Idris.

“Mohon doanya dari semua dan mohon maaf atas kejadian ini, karena sebagai manusia biasa saya tidak luput dari kekurangan dan kelemahan,” jelasnya.

Seusai ditetapkan positif Covid-19, media sosial dibanjiri video Calon Wali Kota Depok, Mohammad Idris bertemu dengan Rizieq Shihab di kediamannya daerah Petamburan, Jakarta Pusat. Video berdurasi 16 detik itu menampilkan suasana Mohammad Idris yang berpelukan dengan Rizieq Shihab tanpa menggunakan masker.

Mereka tampak akrab, saling jabat tangan dan berpelukan tanpa mengenakan masker.
Idris memang mambawa masker di tangan, namun ia tak mengenakannya saat berjumpa dengan HRS.

Sementara HRS tak mengenakan dan terlihat membawa masker.

Salah satu akun yang menyebarkan videonya adalah milik @sirajapadoha.

Mengutip Pos Kota, Mohamad Idris membenarkan bahwa dirinya mengunjungi Rizieq Shihab di markas FPI kawasan Petamburan, Jakarta, Kamis (12/11/2020).

“Kembalinya Habib Rizieq ke Indonesia setelah sekian lama, ini adalah kunjungan persahabatan serta nostalgia sewaktu di Riyadh Saudi Arabia,” ujar Idris kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Rizieq, kata Idris, adalah adik kelasnya semasa menimba ilmu di Riyadh.

Ketua tim sukses Hafid Nasir menyampaikan bahwa mulanya Idris merasa tidak sehat setelah menghadiri debat publik perdana pada Minggu (22/11/2020).
Saat ini Mohammad Idris dirawat di RSUD Depok.

Sementara itu Ketua KPU Kota Depok Jawa Barat, Nana Shobarna menegaskan pihaknya tetap menjalankan jadwal debat publik Pilkada Depok untuk kedua kalinya pada Senin (30/11/2020) meskipun tanpa dihadiri calon Wali Kota Depok Mohammad Idris yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Debat tetap jalan sesuai jadwal meskipun ada yang berhalangan hadir karena sakit atau lainnya,” kata Nana.

Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Rabu (25/11/2020) diperkirakan tidak bisa menghadiri acara debat sesi kedua yang digelar pada 30 November 2020.

KPU Kota Depok, Jawa Barat, menggelar debat bagi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok pada Pilkada 2020 sebanyak tiga kali guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Pilkada Depok diikuti oleh dua pasang calon wali kota dan wakil wali Kota Depok. Paslon nomor urut 01 yaitu Pradi Supriatna dan Afifah Alia, sedangkan pasangan nomor urut 02 yaitu Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono.

Untuk debat pertama digelar beberapa hari yang lalu pada Minggu (22/11/2020) di televisi iNews pada pukul 15.00-17.00 WIB, dengan tema tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan hukum di Kota Depok dalam era kebiasaan baru.

Sedangkan debat kedua pada tanggal 30 November 2020 di KompasTV pukul 19.00-21.00 WIB dan debat ketiga pada tanggal 4 Desember 2020 di TVOne pukul 19.00-21.00 WIB, dengan tema Kesehatan, Kesejahteraan dan kesenjangan di Kota Depok dalam era kebiasaan baru.

Achmad Hudori