Debat Paslon Pilkada Depok Akan Disiarkan di Televisi Swasta

48

berantasonline.com Depok

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Shorbana telah mengumumkan bahwa debat kandidat Pilkada Depok akan diselenggarakan tiga kali dan akan disiarkan di televisi swasta.

Ada tiga rangkaian agenda dalam debat kandidat yang akan disiarkan di televisi swasta nasional tersebut.
sehubungan dengan pembatasan hadirin dalam acara debat karena situasi pandemi Covid-19.

Dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020, tepatnya Pasal 59, termuat sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi dalam debat paslon yang digelar dalam kondisi pandemi Covid-19.

Debat di tengah pandemi diselenggarakan tanpa penonton dan disiarkan secara luas secara langsung maupun tunda.

“Untuk debat, insya Allah kami akan laksanakan tiga kali. Pertama 22 November, debat kedua 30 November, lalu debat yang ketiga di tanggal 4 Desember,” kata Nana, Rabu (11/11/2020).

Debat kandidat di Pilkada Depok pada 22 November rencananya disiarkan di luar jam prime time.

Pada 30 November dan 4 Desember, debat dijadwalkan berlangsung pada waktu prime time.

Nana berujar, kesempatan debat sebanyak tiga kali merupakan hal positif demi mendongkrak partisipasi pemilih pada pemungutan suara 9 Desember mendatang.

Pasalnya, target partisipasi pemilih pada Pilkada Depok 2020 mencapai 77,5 persen, naik jauh walaupun dalam situasi pandemi ketimbang tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 yang hanya sekitar 56 persen.

Debat yang diselenggarakan tiga kali juga dianggap dapat menguji kesiapan para kandidat akan visi-misi dan programnya.

“Kami ingin memaksimalkan pelayanan kepada pasangan calon. Dalam ketentuannya, kami maksimal dapat melaksanakan tiga kali (debat), maka kita laksanakan tiga kali,” ungkap Nana.

“Kami juga berharap pasangan calon dapat memaksimalkan elaborasi visi-misi program mereka. Semakin banyak debat yang kita lakukan, tentu semakin banyak kesempatan mereka menyampaikan visi-misinya,” ujarnya.

Di lain tempat Calon Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan khusus dalam menghadapi debat pasangan calon Pilkada Kota Depok 2020.

“Persiapan khusus yang kami akan lakukan pertama bertemu dulu dengan LO (liaison officer), tema-tema apa saja yang akan diberikan panelis nanti,” jelas Mohammad Idris kala dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/11/2020).

Kendati berpengalaman dalam debat Pilkada, biasanya ia akan mempelajari siapa sosok panelis yang akan memberikan sejumlah materi pertanyaan saat debat nanti.

Kita biasanya kenal kalau panelisnya si ini, nanti sasarannya kesana, titik tekannya, konsentrasi pertanyaan fokusnya kesini, suka begitu ya teman-teman, itu juga diperlukan,” ucap Idris lagi.

Dari sisi konten, Idris berujar pihaknya juga telah menyiapkan materi sesuai dengan tema yang akan diangkat nantinya.

Achmad Hudori