Darman Kepala BPN: Saya Terbiasa Mendengar dan Selesaikan Keluhan

52

berantasonline.com CIBINONG

Masuk sebagai orang nomor satu di kantor Perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, Darman Simanjuntak langsung memilih kebijakan strategis baik di internal atau eksternal kantor BPN.

Untuk kebijakan eksternal, pria berkacamata ini bahkan langsung tancap gas melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terkait pembenahan aset plat merah.

Salah satunya adalah melakukan sertipikasi aset khususnya aset-aset yang dianggap produktif untuk mendukung kebijakan Pemkab Bogor yaitu Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU).

“Kalau BPN perwakilan Bogor Timur jelas menjadi representatif dari kepentingan BPN Cibinong, salah satunya melakukan kerjasama strategis dengan Pemkab Bogor dalam mengamankan aset melalui sertipikasi. Dan saya pikir ini penting karena aset aset itu potensial untuk bisa memberdayakan ekonomi masyarakat luas karena diatas lahannya akan di bangun fasilitas umum seperti pasar Hewan dan terminal Jonggol terus di Cileungsi akan di bangun Pasar. Selain kita juga fokus untuk mensertipikasi PSU milik Pemkab Bogor yang ada di atas lahan PT Ferry Sounneville,” jelas Darman saat di temui di ruangannya Rabu (21/4/21).

“Kita juga memastikan tanah PSU yang akan dijadikan lokasi defenitif Kantor Pertanahan Bogor timur,” sambungnya.

Menurutnya, proses sertipikasi aset Pemkab Bogor ini cukup menyita waktu selain pekerjaan reguler yang setiap hari menumpuk di mejanya. Disisi lain, Darman yang juga masih aktif sebagai Kasie Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) di BPN Kabupaten Bekasi itupun mengatakan, kerja ikhlas dan peduli kepada masyarakat khususnya pemohon adalah kunci yang diterapkan selama ini.

“Sebab kalau ikhlas berarti saya tidak pernah berharap dengan apa yang sudah saya kerjakan, dan kalau saya peduli dengan masyarakat terutama pemohon yang datang ke kantor saya itu akan membuat saya semakin pinter sekaligus paham dengan keadaan kantor saya. Kenapa, ya karena dengan peduli berarti saya banyak mendengar apa saja dari pemohon termasuk kalau ada keluhan,” jelasnya.

Tak heran kalau sedang di Kantor Darman sering keliling kantor khusus untuk menemui pegawainya. Selain itu dia juga selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan pemohon untuk berdialog hingga mendengar keluhan.

“Saya terbiasa mendengar dan menyelesaikan keluhan, jadi otak saya tidak sempat memikirkan apa yang harus saya dapat dalam pekerjaan,“ ujar Darman.

Pria yang tengah menempuh pendidikan S3 ini pun menyebut, wilayah Bogor Timur termasuk kawasan strategis yang punya nilai penting untuk perputaran ekonomi. Dengan begitu butuh pengelolaan yang benar dan strategis juga agar kedepan bisa tumbuh menjadi pusat perekonomian yang lebih maju.

“Sebagai PNS yang bertugas di BPN saya akan memberi kontribusi maksimal untuk bisa mendukung kebijakan kebijakan pemerintah melalui pembenahan di bidang pertanahan, ini komitmen penting yang terus saya terapkan di kantor agar efeknya bisa berpengaruh kepada masyarakat luas,” pungkasnya.

(Win’s)