Danrem Tinjau Lokasi TMMD Ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi, Hasilnya Sangat Luar Biasa

37

berantasonline.com (Sukabumi) – Dalam rangka kunjungan kerja Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi didampingi Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, M.I.Pol. beserta tim tinjau lokasi TMMD ke-110 di Kampung Kebonpanjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Senin (15/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Danrem meninjau pembangunan mulai dari Tembok Penahanan Tebing (TPT), penanaman rumput vetiver, jembatan penghubung sepanjang 14 meter, pengecoran jalan kurang lebih 300 meter dan lebar 4,5 meter serta 20 unit rumah yang mendapatkan bantuan rutilahu dari progam TMMD tersebut.

Usai meninjau beberepa titik lokasi TMMD, kepada awak media Danrem mengatakan, saya melihat antusias warga sangat luar biasa sesuai apa yang kita canangkan yaitu TMMD gotong-royong yang menggabungkan TNI dengan masyarakat, ada juga anak-anak muda dari pramuka dan PMR serta banyak organisasi lainnya yang ikut dalam pelaksanaan TMMD ke-110 ini.

“Ini sangat luar biasa, disini terlihat jelas kerjasama para anggota TNI bersama warga dalam pengerjaan TPT, pengecoran jalan dan jembatan penghubung, dan terkait rutilahu menurut saya dalam waktu 15 hari ini sudah sangat luar biasa, hampir semua pembangunan rumah sudah sekitar 65% ada juga yang sudah 95%. Artinya program TMMD yang dilakukan secara gotong-royong dilaksanakan dengan maksimal oleh seluruh komponen yang terlibat”, jelasnya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan, “perlu diketahui untuk rutilahu anggaran untuk 1 unit rumah 24 juta dengan type 30 beserta kamar 2 dan 1 toilet. Sebetulnya toilet tidak termasuk dalam RAB, namun berkat kerjasama para anggota TNI dengan warga sehingga bisa membangun toilet yang sebetulnya tidak ada dalam RAB, ini menjadi over prestasi bagi para seluruh komponen”, paparnya.

Kegiatan TMMD untuk tahun 2021 di wilayah Korem 061/Suryakancana baru dilaksanakan di satu titik yakni di Kampung Kebonpanjang Desa Sundawenang Kabupaten Sukabumi wilayah Kodim 0607/Kota Sukabumi.

“Mungkin kedepannya untuk pelaksanaan TMMD kita cari daerah-daerah yang terpencil dan daerah-daerah yang terisolir yang benar-benar tidak terjangkau, jadi itulah tujuan yang sebenarnya dari TMMD ini, agar daerah terpencil dan terisolir bisa maju dalam hal perekonomiannya seperti daerah lain”, pungkasnya.

(Riswan)