Dandim Himbau Warga Cianjur Tingkatkan Kewaspadaan Diwilayah Rawan Bencana

18

berantasonline.com (Cianjur) – Guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat di wilayah rawan bencana, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani bersama PLT Bupati Cianjur H Herman Suherman memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Alun-alun Kecamatan Sindangbarang, Jumat (26/04/2019).

Sambil memegang kertas bertuliskan tagar saya siap selamat, Dandim mengajak masyarakat dari beragam lapisan elemen, serta jajarannya untuk membudayakan kesiapsiagaan bencana. Hal itu dilakukan agar warga siap apabila sewaktu-waktu mendapat musibah bencana alam.

“Kami membekali masyarakat dengan pengetahuan dan wawasan untuk bertindak saat bencana alam terjadi, agar meminimalisir adanya korban jiwa,” jelasnya.

Pernyataan sikap ini, dilakukan Dandim secara berkelanjutan. Tidak hanya pada momentum HKB, melainkan setiap hari lewat para Babinsa yang akan menyosialisasikan wawasan tanggap bencana kepada masyarakat.

“Nanti Babinsa akan menerangkan serta memberikan simulasi kepada warga. Misalnya yang tinggal di pesisir, kalau terjadi bencana tsunami itu agar mereka berangkat ke dataran tinggi. Begitu pun sebaliknya, saat terjadi bencana longsor di perbukitan mereka harus mencari dataran rendah seperti pesisir,” ungkapnya.

Selain itu, Dandim akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Cianjur untuk mengadakan atau memperbaiki, papan petunjuk arah jalur evaluasi pada wilayah rawan bencana.

“Saya lihat di Sindangbarang khususnya, papan petunjuk jalur evaluasi itu sangat minim. Kami harap Pemda segera memberikan perhatiannya,” tandasnya.(Cjr 0608/Not)