DANA DESA TINGKATKAN KUALITAS PEMBANGUNAN JALAN LINGKUNGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADASUKA BAROS

26

berantasonline.com (serang Banten)

Dana desa yang di terima Desa pada suka kecamatan baros kabubaten serang ternyata berdampak positif terhadap perubahan lingkungan pada peningkatan kualitas pembangunan jalan lingkungan di setiap tahun juga dapat memberdayakan pada masyarakat di desa.

Hal ini terbukti dari pemanfaatan dana desa yang merambah pada jalan lingkungan desa jenis paving blok, Drainase, TPT serta gorong gorong.
Sebagaimana di uraikan, Asep Saepudin kepala desa pada suka kecamatan baros belum lama ini,pada tahun 2015 pembangunan drainase, tpt, gorong gorong dan jalan lingkungan jenis paving blok.

Tahun 2016, ada 9 item pembangunan di antaranya, cor beton jalan poros desa, tembok penahan tanah (TPT) jalan lingkungan jenis paving blok dan gorong gorong.

Tahun 2017 ada 11 item pembangunan drainase,sarana air bersih,cor beton dan paving blok jalan lingkungan, TPT, gorong gorong dan tiang bendera kantor Desa.

Tahun 2018 ada 12 item pembangunan drainase, jalan lingkungan jenis paving blok ada 9 tempat, TPT dan gorong gorong.
Tanggung jawab sebagai kepala desa merupakan agenda yang terus di laksanakan dan di tingkatkan pemerintah Desa pada suka kecamatan baros kabubaten serang ini di setiap tahunnya.

Penyusunan program untuk pembangunan tersebut terus di lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan lembaga pemerintahan desa.

Dengan ini akan di laksanakannya pembangunan di awali dengan rancangan dan perencanaan melalui sebuah forum musyawarah desa, yang melibatkan pemerintah desa, BPD, masyarakat dan tokoh masyarakat, dengan pembangunan di Desa pada suka ketentuan aspirasi masyarakat.

Dalam hal ini beberapa program yang sudah di laksanakan selama 5 tahun terbukti rasa tanggung jawab serta keteransparanan kepala desa pada suka dalam menjalankan tugasnya selama 1 periode ini,perlu di apresiasi oleh masyarakat serta pemerintah muspika dan Muspida kabupaten serang,agar tetap dapat melanjutkan tugasnya pada periode yang akan datang.

(Rais)