Dalam Masa Pandemi, Donor Darah di Kota Bogor Turun Drastis

22

berantasonline.com (Bogor)

Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Bogor Dicky Ramadhani mengatakan, dalam masa pandemi sekarang ini Pengumpulan Darah turun drastis 70 persen hingga 60 persen, karena masyarakat takut, sementara yang butuh darah tidak bisa istirahat atau diberhentikan.

Namun untuk pasien thalasemia harus rutin transfusi setiap bulan, bahkan ada yang yang seminggu atau bahkan ada dua kali dalam seminggu.

Susandra, Ketua Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Kota Bogor, Sabtu (22/8) berharap kedepan bisa bekerjasama dengan pihak PDDI untuk pengadaan para donor darah, supaya terkumpul kantong-kantong darah untuk para thalasemia di Kota Bogor.

“Road Show donor darah tersebut akan terus digerakkan, semua Kecamatan akan dikunjungi sampai bulan Januari 2021. Sementara kegiatan di Kecamatan Bogor Utara telah terkumpul sebanyak 100 kantong darah”, ujar Sandra demikian panggilannya.

Lebih lanjut Ketua Laskar Merah Putih Perjuangan Susandra menuturkan, kegiatan Donor Darah ini juga akan diikut sertakan jajaran UMKM bersama tim Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, jadi masing masing Kecamatan akan diikut sertakan para pelaku usaha UMKM untuk menghidupkan Pelaku Usaha UMKM.

Dikatakan oleh Susandra, dalam kegiatan donor darah ini mendapat support dari IPB Dramaga Bogor untuk penghijauan dan tanam pohon dibagikan bibit tanaman buah buahan sebanyak 100 pohon.

Kegiatan Donor Darah ini bethemakan “Talkshow Thalasemia Donor Darah Untuk Kesehatan dan Menyehatkan jiwa manusia”.

(SS/red.1)