Bupati Sukabumi Tegaskan Keluarga Adalah Lembaga Yang Utama Dalam Menciptakan Anak GENIUS

55

berantasonline.com (Sukabumi) – Dalam siklus kehidupan manusia, masa anak-anak merupakan fase dimana manusia mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depannya. Untuk itu anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan sebuah bangsa.

Hal itu secara tegas diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 28 b Ayat 2 bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Demikian dikatakan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya pada Peringatan Hari Anak Nasional bertempat di Salabintana Resort Sukabumi, Kamis (23/08).

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyerahan penghargaan kepada anak-anak yang berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional serta bantuan Kursi Roda dan Tongkat Penyangga Kaki bagi keluarga kurang mampu.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, terkait dengan dilaksanakannya Peringatan Hari Anak Nasional dapat menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan pemerintah untuk melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya.

Sebagaimana telah ditetapkan dalam UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak serta Perda No 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak dengan melakukan upaya perlindungan juga mewujudkan kesejahteraan anak dengan cara memberikan jaminan terhadap pembentukan hak-haknya juga jaminan perlakuan tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Lebih lanjut Bupati menegaskan, lingkungan yang kondusif harus dimulai dari dalam keluarga, karena keluarga adalah lembaga pertama dan utama dalam menciptakan anak yang gesit, empati, berani, unggul dan sehat (GENIUS).

“Konsep utama yang harus diperhatikan dalam menciptakan anak yang GENIUS adalah pola pengasuhan berkualitas yang didapat dari keluarga sebagai pengasuh utama dan pertama bagi anak”, ungkapnya.

Sementara Panitia Penyelenggara Yudi Ardawi melaporkan kegiatan ini diikuti oleh Pelajar PAUD, SD, SMP yang ada diwilayah Kecamatan Sukabumi dengan tujuan untuk memastikan semua anak Kabupaten Sukabumi gesit dan empati merespon perubahan-perubahan yang sangat cepat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, kesenian dan yang lainnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo sardjono, Dandim 0607, Anggota Komisi II DPRD Propinsi Jawa Barat, Kepala Perangkat Daerah dan Camat sekabupaten Sukabumi serta undangan lainnya.

(Riswan/Ebi)