Bupati Sukabumi Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2017

68

berantasonline.com (Sukabumi) – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami didampingi Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono menghadiri sidang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi dalam rangka penyampaian nota penjelasan Bupati mengenai Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017 di ruang utama sidang gedung Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi, Senin (02/07).

Bupati  menjelaskan bahwa laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dalam bentuk laporan keuangan ini, merupakan perwujudan akuntabilitas pelaksanaan anggaran sebagai salah satu prinsip dari APBD.

“Laporan keuangan ini telah di audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Jawa Barat dan disampaikan kepada DPRD pada tanggal 29 Mei tahun 2018 dan pendapat (Opini) BPK atas laporan keuangan tersebut adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”, Jelasnya.

Selanjutnya Bupati merasa bersyukur atas pencapaian restasi pini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK yang masih bisa dipertahankan untuk yang keempat kalinya atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TAHUN 2017.

“Penghargaan ini didapat berkat kerja keras kita semua dan komitmen bersama dalam Pengelolaan Keuangan Daerah”, ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah berusaha secara optimal sesuai kemampuan yang ada, guna menyajikan laporan keuangan ini secara lengkap dan rinci sebagai wujud akuntabilitas, namun disadari sepenuhnya masih terdapat kekurangan.

“Upaya-upaya konstruktif terus kami lakukan, antara lain melalui pemantapan aplikasi sistem informasi manajemen pendapatan daerah, aplikasi sistem informasi manajemen keuangan daerah dan aplikasi sistem informasi manajemen barang milik daerah, juga sosialisasi serta pembinaan mengenai pengelolaan keuangan daerah”, pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, unsur Forkopimda, unsur TNI serta tamu undangan lainnya. (Riswan/Alex/dry)