Bupati Sukabumi Launching Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Berbasis SILALA

62

berantasonline.com (Sukabumi) – Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program Pemerintah Pusat dalam penyediaan pendanaan biaya operasi non personalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang mana, laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan dana BOS tersebut dilaksanakan secara tertib, taat pada Peraturan Perundang-undangan, efektif, efisien dan transparan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik.

Demikian disampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dalam sambutannya ketika melaunching Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Satuan Pendidikan Dasar berbasis Sistem Laporan Langsung (SILALA) yang ditandai dengan Penekanan Sering, bertempat di Hotel Pangrango Salabintana Sukabumi, Rabu (11/07).

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan secara simbolis Beasiswa bagi siswa berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu serta penyerahan Modul Aplikasi bagi Perwakilan Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Pengawas SD dan Pengawas SMP.

Untuk itu, Bupati sangat mengapresiasi gagasan dan langkah inovatif Dinas Pendidikan yang telah mendorong pemanfaatan Teknologi Informasi dalam melakukan pengadministrasian Dana BOS melalui Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Satuan Pendidikan Dasar berbasis SILALA pada Lingkungan Dinas Pendidikan dapat terwujud.

“Dengan hadirnya Aplikasi SILALA ini, semoga dapat meningkatkan Pelayanan Pengelolaan Dana BOS agar Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS lebih cepat, tepat dan akurat yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan mutu layanan di Sekolah dan Pendidikan di Kabupaten Sukabumi ke arah yang lebih baik”, ungkapnya.

Selanjutnya Bupati berharap, aplikasi ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi, akan tetapi juga sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangannya.

“Karena komitmen bagi kita, WTP ini harga mati, untuk itu semuanya harus bisa dipertanggungjawabkan, lebih tertata, lebih tercatat, sehingga bisa mendorong sistem informasi berbasis teknologi dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi yaitu Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius dan Mandiri, dan juga menjadikan Sukabumi kearah yang lebih baik”, tegasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi H. Mohammad Solihin, M. MPd. mengutarakan, “tujuan pengelolaan Dana BOS berbasis Aplikasi SILALA Ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dana BOS agar pertanggungjawabannya lebih tertib, efektif, efisien dan transparan”, pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Sekda Bidang Pemerintah dan Sosial, Kadis pendidikan beserta Jajaran, Kabag Hukum Setda, Ketua PGRI dan undangan lainnya. (Riswan/Ebi)