Bupati Sukabumi Himbau Anggota PPNI Tingkatkan Disiplin, Profesionalitas dan Pengabdian Pada Masyarakat

81

berantasonline.com (Sukabumi) – Tenaga kesehatan merupakan elemen penting dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Sukabumi dan merupakan salah satu ujung tombak pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dalam memberikan pelayanan keperawatan, sehingga akan menciptakan masyarakat yang sehat.

Demikian hal tersebut di sampaikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami pada acara HUT PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) yang ke-44 tingkat Kabupaten Sukabumi. Bertempat di Hotel Augusta, Sabtu (17/3).

Dikatakan pula, peranan perawat sebagai tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan baik difasilitas pelayanan kesehatan maupun dimasyarakat, maka perawat dituntut harus menerapkan konsep 3s yakni senyum, sapa dan sopan dalam melayani pasiennya, sehingga masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Selanjutnya Bupati menghimbau kepada seluruh anggota PPNI sebagai organisasi profesi yang berorientasi pada kebutuhan kesehatan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan disiplin, profesionalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap tugas pokoknya sebagai abdi masyarakat, sehingga pada akhirnya masyarakat dapat terlayani segala kebutuhannya.

Hal tersebut sesuai program nawacita yang kelima yang dicanangkan oleh Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui peningkatan kualitas kesehatan, maka dari itu dicanangkan program indonesia sehat melalui tiga pilar pembangunan, yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional.

“Mengenai tenaga kesehatan yang paling penting adalah bagaimana tingkat kesejahteraan terutama untuk tenaga honor yang di mohon dari kebijakan pemerintah, tapi itu sulit karena ada aturan walaupun permenkes sudah mengatur, akan tetapi tidak ada peraturan dari Menkeu, Mendagri dan Kemenpan. Karena secara aturan rujukan tidak bisa berasal dari satu kementrian akan tetapi harus dari keempat kementrian tersebut” terang Bupati.

Sementara itu Panitia penyelenggara Asep Muhammad Fahmi S.Kep.,Ners menyampaikan, perawat honorer merupakan perawat Non Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Instansi Pemerintah. Nomenklatur perawat honorer di Kabupaten Sukabumi terdiri dari Perawat Harian Lepas (PHL) untuk di lingkup Dinas Kesehatan dan RSUD Sekarwangi, tenaga kerja sukarela untuk di RSUD Palabuhanratu.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Unsur BKPSDM, Ketua DPD PPNI Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya, (Riswan/Ebi).