Bupati Pringsewu Tak Ingin Ada ASN Berideologi Selain Pancasila

45

PRINGSEWU – BERANTAS

Bupati Pringsewu Sujadi menegaskan dirinya tidak menginginkan ada Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Pringsewu yang memiliki ideologi selain Pancasila. “Jika ada ASN di Kabupaten Pringsewu yang berideologi lain, silakan keluar dari ruangan ini, dan silakan pergi dari Kabupaten Pringsewu”, tegasnya, saat menutup Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk Gelombang III Angkatan ke-5 dan 6 di aula utama pemkab setempat, Kamis (26/08/21).

Menurut Bupati Pringsewu, setiap ASN wajib taat dan setia kepada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. “ASN harus memiliki kesetiaan dan taat kepada negara dan pemerintah, bermoral dan bermental baik, profesional serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa”, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bupati pada acara penutupan latsar yang ditandai dengan prosesi pelepasan tanda peserta secara simbolis, bahwa Pringsewu terdiri dari beranekaragam suku bangsa, agama, ras, dan sebagainya. Oleh karena itu, ia berharap kedepan Kabupaten Pringsewu akan menjadi lebih baik, karena dikelola oleh SDM yang baik dan mumpuni. Selain itu, masa pandemi saat ini, tentunya tidak membatasi inovasi dan kreatifitas serta mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan ASN. “Tantangan kedepan akan semakin berat, terlebih pandemi ini juga belum ada gambaran kapan akan selesai. Saat ini, Pemkab Pringsewu juga sedang dan terus berupaya agar seluruh warga bisa selamat dalam menghadapi pandemi ini”, katanya.

Latsar Golongan III Gelombang III Angkatan ke-5 dan 6 di lingkungan Pemkab Pringsewu, sebagaimana disampaikan Kepala BKPSDM setempat Ani Sundari, S.STP, MM, diselenggarakan dari 17 Juni hingga 25 Agustus 2021 dengan pola kemitraan antara BKPSDM Kabupaten Pringsewu dengan BPSDM Provinsi Lampung, diikuti sebanyak 72 peserta CPNS, terdiri dari masing-masing angkatan sebanyak 36 orang, dimana 48 diantaranya adalah wanita dan 24 pria.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Potensi Managerial BPSDM Provinsi Lampung Dr.Elip Heldan, Ap., M.Si. mengucapkan selamat kepada seluruh peserta Latsar, dimana 100% dinyatakan lulus.

Ia berharap melalui Latsar para peserta dapat menjadi CPNS yang berintegritas dan berakhlaq, dimana selanjutnya peserta akan menerima Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan yang akan menjadi persyaratan untuk pengajuan menjadi PNS 100%. “Perlu diingat bahwa kesuksesan anda tergantung dari diri anda sendiri. Dan, kunci dari kesuksesan adalah disiplin”, tandasnya.

(Yamin/Anton Hapsara)