Bupati Pesisir Barat Harapkan Koperasi PKH Menjadi Wadah Peningkatan Ekonomi Masyarakat

194

berantasonline.com (Krui Lampung) –Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal meresmikan Koperasi Program Keluarga Harapan (PKH), Selasa (24/4), di Pekon Pagar Bukit, Kecamatan Bangkunat.

Bupati menjelaskan, PKH merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan dan telah menjadi program nasional.
Terkait hal tersebut diharapkan pendamping, dan keluarga penerima manfaat, bisa lebih inovatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara bersama dan berkesinambungan.

Untuk itu, pendamping PKH kecamatan bertugas untuk mengarahkan dan membentuk wadah yang mengacu pada kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa kelompok-kelompok kecil yang terbina dengan berbagai program, diantaranya KUBE yang bergerak baik dalam pertanian, perdagangan dan peternakan serta membentuk kelompok – kelompok usaha lain seperti sektor perikanan yang bergerak di bidang pembudidayaan.

Dengan demikian pendamping PKH berinisiatif menyatukan semua kelompok-kelompok tersebut dalam wadah yang lebih besar, sehingga terbentuknya koperasi PKH guna menggerakan ekonomi kemasyarakatan yang berazaskan kekeluargaan.

Berdasarkan data dari pengurus koperasi PKH Kecamatan Bengkunat, jumlah penerima bantuan PKH di Kecamatan Bengkunat tahun 2018 sebanyak 300 keluarga. Masing masing diberikan sebesar Rp 300.000 per bulan.

“Saya berharap dengan terbentuknya koperasi PKH ini mampu menjadi keluarga mandiri dan sejahtera secara ekonomi, sehingga tidak lagi menjadi beban bagi negara, sebaliknya keluarga PKH pada akhirnya dapat membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional”, ujar Bupati. (benk)