Bupati Pesisir Barat Buka Musrenbang RKPD 2019

81
Pembukaan Musrenbang Kecamatan Se Kabupaten Pesisir Barat Lampung (Foto : Hms)

berantasonline.com (Pesisir Barat Lampung) –  Bupati H Agus Istiqlal,  Senin (19/2)  membuka kegiatan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tingkat kecamatan Se Kabupaten Pesisir Barat Lampung. Pembukaan Kegiatan dimulai  pukul 09.00 wib  bertempat di  aula kecamatan pulau pisang.

Dalam sambutan yang dibacarakan Wakil Bupati, Agus Istiqlal menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun RKPD kabupaten Pesisir Barat tahun 2019. “Pelaksanaan musrenbang ini merupakan salah satu amanat dari undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan permendagri nomor 86 tahun 2017”, ujarnya.

Musrenbang RKPD kabupaten di tingkat kecamatan pada dasarnya adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan musrenbang ditingkat pekon. selanjutnya hasil rekapitulasi disusun dalam bentuk daftar usulan dari pelaksanaan musrenbang pekon yang menjadi dasar dalam pelaksanaan musrenbang rkpd kabupaten ditingkat kecamatan sehingga diharapkan akan tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan daerah.

Pelaksanaan musrenbang rkpd bertujuan untuk mendapatkan masukan awal rencana kerja dari masing-masing opd yaitu berupa daftar usulan dari pekon yang akan disepakati bersama, sehingga menjadi daftar usulan dari kecamatan. diperlukan pemahaman kita bersama bahwa daftar usulan tersebut harus melalui proses verifikasi oleh masing-masing camat.

Hasil dari musrenbang rkpd kabupaten di kecamatan ini akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah kabupaten yang direncanakan pada tanggal 28 februari dan 1 maret 2018. Adapun tema musrenbang rkpd kabupaten pesisir barat tahun 2019 adalah “memacu pembangunan daerah dan mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil pembangunan.  (Bambang Irawan)