Bupati Pesisir Barat Akan Kembangkan Objek Wisata Sejarah Makam Patih Gajah Mada

292

Lampung, BERANTAS

Bupati Pesisir Barat pada Selasa 27 Juli 2021 mengunjungi makam Patih Gajah Mada di Pekon Kerbang Langgar didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi S. Pd. MM, Kadis PUPR Ir. Jalaluddin, MP, Kadis Perizinan Jon Edwar M. Pd, Plt Kadis Pendidikan dan kebudayaan Sudibyo, SE, Plt Kadis Kominfo Drs.Miswandi Hasan M.Si, camat Pesisir Utara dan camat Lemong.

Bupati pesisir barat DR. Drs. Agus Istiqlal, SH., MH. pada kesempatan ini menjelaskan bahwa pemerintah pesisir barat telah membangun jalan rabat beton menuju makam Patih Gajah Mada dengan anggaran
Rp. 198.429.000. Selanjutnya pemerintah pesisir barat juga berencana membangun fasilitas lain di lokasi Makam Patih Gajah Mada seperi toilet, penginapan, dan pusat kuliner. Hal ini dilakukan untuk menjadikan Makam Patih Gajah Mada ini sebagai objek wisata sejarah yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya Bupati beserta rombongan berkunjung ke ahli waris (keturunan ke 17) bapak Ahmad Saunan dan Kurdinata yang ada di pekon negeri ratu kecamatan pesisir utara untuk melihat benda-benda peninggalan dari Patih Gajah Mada. Adapun peninggalan tersebut berupa perkakas rumah tangga dan senjata perang. Pada benda-benda tersebut terdapat tulisan Jawa kuno juga terdapat tulisan Arab dengan lafadz “Lailahaillallah”. Berdasarkan bukti tersebut para ahli waris meyakini bahwa Patih Gajah Mada adalah orang Muslim.

Terakhir bupati pesisir barat juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini pemerintah kabupaten pesisir barat akan mengadakan studi banding ke daerah Jawa Tengah untuk mempelajari seperti apa bentuk dari kuburan panglima perang yang ada di daerah jawab tengahmengingat Patih gajah Mada adalah orang Jawa, kemudian nantinya akan diterapkan ke makam Gajah Mada yang ada di pesisir barat ini.

(Benk)