Bupati Pesibar Resmikan Gedung Keserasian Sosial Sekaligus Launching PKH 2019

218

Berantasonline.com (Pesisir Barat – Lampung) – Bupati Pesisir Barat , Agus Istiqlal hadiri sekaligus meresmikan Gedung Keserasian Sosial, Launching Penyaluran Bansos PKH Tahun 2019 dan penyerahan Kartu JKN – KIS, dipekon Suka Marga Kecamatan Bangkunat Rabu, (13/02).

Dalam sambutanya, Bupati Agus Istiqlal , memberikan apresiasi dengan telah dibangunnya gedung keserasian sosial di kabupaten Pesisir Barat oleh kementrian Sosial Republik Indonesia. Selanjutnya Bupati berharap dengan sudah memiliki gedung Keserasian Sosial di Pesisir Barat, nantinya bisa menjadi tempat musyawarah warga dalam mengembangkan potensi budaya dan kearifan lokal .

Dijelaskan juga oleh Bupati, sampai saat ini kabupaten Pesisir Barat sudah mendapat dua bantuan keserasian Sosial, yaitu satu di pekon Suka Marga kecamatan Bangkunat bantuan dalam bentuk gedung , dan satunya lagi dipekon Way Sindi, kecamatan Karya Penggawa, bantuan dalam bentuk pagar taman pemakaman Umum (TPU) pungkas Bupati.

Masih dikesempatan itu , Agus Istiqlal juga menyampaikan pesan kepada keluarga penerima manfaat Program Keluarga harapan (PKH) di Pesisir Barat, beliau berharap dengan adanya program PKH dari kementrian Sosial republik Indonesia, keluarga penerima manfaat dapat memanfaatkan bantuan pemerintah tersebut dengan bijak, dan tepat guna sehingga bisa membantu meringankan beban hidup mereka, salah satunya bisa dipakai sebagai biaya sekolah dari anak anak dari keluarga miskin itu sendiri. Sehingga diharapkan anak anak mereka bisa berkreasi, inovasi dan tumbuh mandiri, jelas Bupati.

Sementar itu, kepala Dinas Sosial dan Transmigrasi kabupaten Pesisir Barat, Marzuki menjelaskan
jumlah Penerimaan Launching Penyaluran Bansos PKH Tahun 2019 berjumlah 300 orang dan Penerimaan Kartu JKN – KIS berjumlah 100 orang.
Kemudian sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pengetasan kemiskinan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, yang sama sama berkewajiban untuk melaksanakan percepatan program penanggulangan kemiskinan yang salah satunya melalui program keluarga harapan (PKH). Jelas Marzuki.

Masih terang kadis sosial, Pemerintah pada saat ini sedang gencar-gencarnya mengentaskan kemiskinan . Selain dengan bantuan PKH pemerintah juga telah meluncurkan program jaminan kesehatan nasional (JKN) kartu indonesia sehat (KIS) yang diharapkan berdampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat dan membuka akses lebih besar masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

Untuk itu pada periode Januari tahun 2019 ini, pemerintah provinsi Lampung telah menerbitkan 993 buah kartu JKN-KIS untuk kabupaten Pesisir Barat yang tersebar di tiga kecamatan yaitu,: kecamatan Bangkunat sebanyak 424 buah kartu, kecamatan Ngambur 434 buah kartu dan krui Selatan 35 buah kartu.

(Benk)