Bupati Busyro : Nyalakan Semangat 45 Untuk Bangun Sumenep

56

berantasonline.com (JATIM)

Kabupaten Sumenep yang ada di ujung Timur Madura kini usianya suda berumur 750 tahun. Diusia yang sudah 750 tahun ini harus menjadi penyemangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk berkarya dan berinovasi demi kemajuan daerah.

“Usianya sudah tua yakni 750 tahun, diharapkan seluruh elemen harus memiliki jiwa semangat juang “45”, untuk membangun daerah, karena hanya dengan gelora semangat itu, mampu melakukan peningkatan pembangunan di segala sektor,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, usai upacara memperingati Hari Jadi ke-750 Kabupaten Sumenep tahun 2019 di depan Masjid Jamik, Kamis (31/10/2019).

Ia mengatakan, seluruh ASN dan masyarakat harus menggelorakan semangat 45, alasannya Kabupaten Sumenep merupakan wilayah yang mempunyai luas sangat luar biasa, apalagi secara geografis terdiri dari daratan dan kepulauan.

“Akibat geografis itu, Kabupaten Sumenep mempunyai tantangan tersendiri untuk menghasilkan karya dan inovasi, sehingga manakala masyarakat terutama pemimpinnya tidak memiliki semangat 45, jelas prestasinya bukan peningkatan pembangunan, namun hasil pembangunannya mundur,” tuturnya

Dalam rangka mendorong semangat 45 untuk membangun daerah di antaranya adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesehatan masyarakat. Selain itu pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi khususnya di kepulauan agar antar pulau terkoneksi.

Pemerintah Daerah untuk pembangunan transportasi laut terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan, alhasil hingga saat ini, pelayanan transportasi ke kepulauan ada perkembangan, dengan bertambahnya rute kapal yang beroperasi ke kepulauan.

“Rute kapal yang beroperasi ke kepulauan itu hampir setiap hari, seperti ke Kecamatan (Pulau Kangean) Arjasa dan Kecamatan (Pulau) Sapeken, kecuali ke Kecamatan (Pulau) Masalembu tidak setiap hari, karena kendala kapal laut, termasuk penambahan transportasi udara dari Bandara Trunojoyo menuju Pagerungan Kecamatan Sapeken,” imbuhnya.

Bupati berharap, seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama kerja keras mewujudkan pembangunan Sumenep dengan menyukseskan semua program-program pembangunan.

“Semangat kebersamaan untuk berpartisipasi dan kerja keras, tentu saja bisa mengatasi berbagai hambatan dalam proses penyelenggaraan pembangunan,” tuturnya.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, menambahkan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep tahun ini, hendaknya bisa melahirkan generasi unggul yang memiliki motivasi dalam membangun kemajuan daerah.

“Saya berharap milenial sebagai generasi penerima estafet kepemimpinan, harus mempersiapkan diri secara optimal untuk mendukung proses pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumenep,” imbuhnya.

Fauzi, mengajak generasi muda agar mengisi pembangunan dengan kegiatan positif dan menghindari kegiatan negatif seperti narkoba, yang bisa menyebabkan kerugian pada diri sendiri serta masyarakat.

“Jangan sekali-kali mencoba narkoba supaya tidak menjadi pecandu, namun lakukan kegiatan bermanfaat semisal mengembangkan bakat dan keahlian untuk menghasilkan karya dan inovasi demi pembangunan daerah,” pungkasnya.

Seusai upacara Hari Jadi Kabupaten Sumenep, Bupati melakukan penyerahkan berbagai hadiah kepada para pemenang seperti Camat teladan dan menyerahkan secara simbolis SK Kenaikan Pangkat ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten setempat.

(MAM)