Bupati Bogor Ade Yasin Mendukung PWI Meningkatkan Kualitas Wartawan

56

berantasonline.com (Bogor) – Bupati Kabupaten Bogor Hj Ade Yasin mengungkapkan menjadi wartawan harus menghasilkan karya Jurnalistik yang baik dan berkualitas serta bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

“Pemerintah Kabupaten Bogor, mendukung PWI meningkatkan kualitas wartawan. Dan Saya tegaskan bahwa sebagai Bupati, Saya tidak alergi untuk dikritik, tetapi jika ada pemberitaan yang menyerang pribadi saya akan melawan,” tegas Bupati saat memberikan sambutan di acara pengukuhan 71 anggota muda PWI Kabupaten Bogor di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (14/11).

Bupati berharap agar wartawan harus membudayakan literasi atau membaca. Sementara terkait pemberitaan miring yang menyudutkan dirinya, Bupati sadar bahwa hal itu, menjadi pelajaran.

“Pemerintah Kabupaten Bogor tetap akan melaksanakan transparansi. Dan saya meminta kepada Dinas Kominfo untuk merealease sebanyak 200 wartawan yang tercatat di Diskominfo termasuk 104 anggota PWI ke Dinas-Dinas termasuk PDAM dan badan usaha lain di lingkungan Kabupaten Bogor,” jelas Bupati.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat mengucapkan selamat kepada 71 anggota muda yang sudah dikukuhkan. Hilman berharap para anggota muda bisa mengikuti tahapan untuk menjadi anggota biasa yaitu dengan mengikuti UKW.

“PWI Kabupaten menjadi pusat regenerasi anggota PWI di Jawa Barat. Dan saya berharap pengurus PWI Kabupaten Bogor bisa secepatnya menyelenggarakan UKW,” ungkapnya.

71 Anggota Muda PWI Kabupaten Bogor dikukuhkan

Hilman mengapresiasi atas kinerja pengurus PWI Kabupaten Bogor terkait menjaga kemitraan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor dengan baik.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H Subagiyo mengatakan dengan semangat baru kita ciptakan wartawan yang berintegritas, kredibel dan berkepribadian untuk membangun PWI Kabupaten Bogor yang lebih maju.

“Dengan dikukuhkan nya 71 Anggota Muda makan Anggota PWI Kabupaten Bogor berjumlah 104 orang dan tersebar d wilayah Kabupaten Bogor baik dari barat sampai timur,” ujarnya.

H. Bagio menjelaskan pengukuhan ini sudah katakan ketentuan Dewan Pers yaitu untuk menjalankan amanat Dewan Pers terutama pasal 7, wartawan harus memiliki organisasi pers. Wartawan harus menjalankan Kode Etik Jurnalistikdan.

“Setelah agenda pengukuhan anggota baru PWI dilaksanakan, saya berharap kepada Bupati, tahun depan PWI Kabupaten Bogor bisa menggelar UKW karena baru 30 persen anggota yang sudah UKW, ” jelasnya.

Sementara itu, Danang Donoroso menambahkan pengukuhan merupakan mandat khusus untuk membawa misi visi PWI dan UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Dengan bertambahnya anggota PWI Kabupaten Bogor misi membawa perubahan dan kemajuan untuk PWI sehingga secara kewilayahan anggota PWI bisa tersebar untuk bertugas sebagai kontrol sosial di pelosok-pelosok Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Hj Ade Yasin, Ketua PWI Jabar Hadi Herman Didayat, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Bogor diantaranya Nurhadi, Dace Supriadi, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudi Suswono, Kalapa Cibinong Dasuki Sarjono, Dirut PDAM Tirta Kahuripan Hasan, Kondim 0621 Kabupaten Bogor, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kadishub dan Plt Kadis Kominfo Kardinal, Ketua Karang Taruna, BNK, Ketua PWI Kota Depok Tardib, Alfian Mujani, Sesepuh PWI Kabupaten Bogor Danang Donoroso, H Bustanul Daham, Ketua SMS Wilayah II Bogor, Piyarso Hadi dan ratusan tamu undangan. (Nan)