Bupati Agus Istiqlal Serahkan Bantuan Rumah Swadaya

97

Berantasonline.com (Lampung)

Bupati Pesisir barat Agus Istiqlal menyerahkan secara simbolis Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2020 di Balai Pekon Sukanegara kecamatan Pesisir tengah kabupaten Pesisir Barat, Senin (27/7 2020).

Bantuan Rumah Swadaya (BRS) yang diterima masyarakat Pesisir Barat yang diberikan pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) kementrian PUPR bidang perumahan Tahun 2020 merupakan program yang diamanatkan oleh undang-undang, yaitu ; undang-undang nomor 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan pemukiman sebagai wujud nyata perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam bentuk bantuan rumah swadaya dan bantuan stimulan perumahan swadaya, jelas bupati dalam sambutanya.

Masih jelasnya, “Bantuan Rumah Swadaya dan bantuan stimulan perumahan swadaya merupakan program unggulan pemerintah pusat dalam mengentaskan kemiskinan, khususnya di bidang perumahan.

Bupati berharap agar bantuan pemerintah pusat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada.

“Bantuan ini sifatnya stimulan , yang tujuanya merangsang para penerima agar bisa membantu membuat rumah bagi keluarganya.

Dikesempatan itu juga bupati menyampaikan hasil minitoring pelaksanaan kegiatan serupa tahun sebelumnya, dan meminta adanya peningkatan kualitas, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan dalam setiap pembangunan demi terwujudnya masyarakat kabupaten Pesisir Barat yang madani, mandiri dan sejahtera.

Berikut rincian jumlah Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPRS) di kabupaten Pesisir Barat;

Bantuan Rumah Sawadaya (BRS) sebanyak 265 Penerima, dengan nilai anggaran sebesar Rp 4,864,173,000.

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 250 penerima, dengan anggaran sebesar Rp 4,375,000,000.

Dengan demikian jumlah total penerima BRS dan BSPS sebanyak 515 yang tersebar di tiga Kecamatan yaitu : kecamatan Pesisir Tengah , kecamatan Ngambur dan Kecamatan Ngaras dengan total anggaran sebesar Rp 9,239,173,000. Dengan perhitungan Setiap Penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp 17.500.000.

Turutnya hadir sekaligus mendampingi Bupati pada kesempatam tersebut, staf ahli bidang kemasyarakatan, Asisten Bidang Pembangunan, Perekonomian dan SDA.

(Benk)