Bupati Agus Istiqlal Resmikan Gedung Baru UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing

76

berantasonline.com (Pesisir Barat)

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal resmikan gedung baru UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing dan mendistribusikan bantuan 2 unit Ambulans untuk kecamatan Ngambur dan Bangkunat, serta pembagian Kartu Indonesia (KIS) kepada masyarakat dikecamatan Bangkunat, Rabu (5/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli bupati, para Kepala OPD dilingkungan pemkab Pesisir Barat, Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Barat, Forkompinda Pesisir Barat dan Lampung Barat, Sai batin Marga Belimbing Zulqoini Syarif , Camat, kepala BPJS cabang Kotabumi, Peratin se-Kecamatan Bengkunat, Tokoh Agama, tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko dikesempatan itu menyampaikan,”bahwa pembangunan UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing sumber dananya menggunakan dana alokasi khusus (DAK) kementrian kesehatan republik Indonesia. Pembangun gedung baru puskesmas Bangkunat Belimbing sebagai langkah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dikecamatan Bangkunat akan kebutuhan layanan kesehatan. “Sebelumya sudah ada puskesmas di kecamatan Bengkunat, namun lokasi pembangunnya cukup jauh, yaitu sekitat 5 kilometer dari jalan raya, sedangkan pembangunan UPTD Puskesmas yang baru diresmikan, lokasinya hanya berjarak sekitar 200 meter saja dari jalan raya, sehingga diharapkan akan mempermudah warga dalam menjangkaunya, ujar Tedi.

Sementara itu, Bupati pesisir Barat Agus Istiqlal dalam sambutanya menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, dan demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat sebagai sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Pembangunan gedung baru Puskesmas Bengkunat Belimbing merupakan bentuk dan upaya nyata pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. kata bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing termasuk Puskesmas non rawat inap yang saat ini berproses untuk menjadi Puskesmas rawat inap sesuai dengan izin operasional Puskesmas yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesisir Barat. Jelasnya.

(Benk)