Bupati Agus Istiqlal Paparkan Capaian Pembangunan Dalam Paripurna DPRD Memperingati HUT Pesibar ke-6

94

berantasonline.com (Lampung) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesisir Barat Ke-6 (enam), di Gedung Dharma wanita, Senin (22/42019).

Pada rapat Paripurna tersebut, Bupati Agus Istiqlal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua mitra kerja pemerintah daerah diantara adalah pimpinan dan anggota DPRD Pesisir Barat, yang selama ini telah menjalin sinergi dan kerjasama dengan baik demi terwujudnya pembangunan.

Bupati juga mengucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para tokoh panitia pemekaran kabupaten Pesisir Barat, para Sai Bathin marga serta kepada semua pihak yang telah memberikan berbagai kontribusi baik berupa pemikiran maupun tenaga dalam upaya mengejar ketertinggalan kabupaten Pesisir Barat, yang saat ini sudah lebih maju dan mudah-mudahan tahun demi tahun akan selalu menunjukan peningkatan secara signifikan.

Pada kesempatan itu juga Bupati mengajak seluruh masyarakat dan penyelenggara pemerintahan serta berbagai pihak untuk menjadikan peringatan hari jadi ke-6 kabupaten pesisir barat ini sebagai momentum dalam mewujudkan semangat kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi aktif dari semua pihak, sehingga berbagai hambatan dan tantangan terhadap proses pelaksanaan pembangunan daerah akan bisa teratasi bersama.

Kemudian Bupati Agus memaparkan capaian pembangunan di 3 tahun kepemimpinannya bersama Wabup Erlina antara lain, :

Laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Pesisir Barat mengalami kenaikan sebesar 0,21 persen, pada tahun 2017 saat itu pertumbuhan ekonomi berkisar 5,17 persen. Sedangkan pada tahun 2018 yang lalu naik dari 0,21 persen menjadi 5,34 persen.

Di Bidang Kesehatan, Kabupaten Pesisir Barat saat ini telah memiliki rumah sakit umum daerah (RSUD) yang telah diberi nama RSUD KH. Muhammad Thohir, dan merupakan salah satu fasilitas utama dibidang kesehatan. sedangkan pada tahun anggaran 2018 yang lalu pemerintah kabupaten Pesisir Barat telah melakukan pembangunan dan rehabilitasi antara lain,:

– Pembangunan Puskesmas Krui dikecamatan Pesisir Tengah dengan fasilitas gedung pelayanan, gedung rawat inap, rumah jabatan dan fasilitas penunjang lainnya.

– Pembangunan Puskesmas Biha dikecamatan Pesisir Selatan dengan fasilitas yang dimiliki yaitu gedung pelayanan, rumah dinas Dokter, rumah jabatan dan fasilitas pendukung lainnya.

– Puskesmas lemong dengan fasilitas gedung pelayanan, rumah dinas dokter, rumah dinas para medis, mck, air bersih dan fasilitas penunjang lainnya.

Sementara capaian di Bidang Pendidikan, pemerintah kabupaten Pesisir Barat berupaya memperluas akses dan pelayanan pendidikan sampai dengan tahun 2018 adalah dengan telah melakukan rehab gedung sekolah sejumlah 36 unit yang terdiri dari : sekolah negeri 30 unit, dan sekolah swasta 6 unit, pembangunan ruang kelas baru sebanyak 7 unit di tiga sekolah. Pembangunan perpustakaan sekolah sebanyak 3 unit di 3 sekolah, pembangunan laboratorium sebanyak 5 unit di 5 sekolah, rehabilitasi gedung sekolah di 27 sekolah, pembangunan jamban sekolah sebanyak 18 unit di 18 sekolah dan pembangunan pagar sekolah dengan total panjang 1.377 m² tersebar di 24 sekolah.

Selain pembangunan infrastruktur, dibidang pendidikan pemerintah kabupaten pesisir barat juga telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa itera yaitu sebanyak 5 orang dan 80 orang siswa SMA Kebangsaan.

Di Bidang perumahan dan pemukiman ,:
pada tahun 2017 pemerintah kabupaten Pesisir Barat telah memberikan bantuan rumah swadaya 385 unit, bantuan stimulan rumah swadaya 214 unit, dan pembangunan rumah khusus nelayan sebanyak 120 unit;

Memberikan bantuan pembangunan sarana air minum 3 unit, bantuan rumah swadaya 375 unit, bantuan stimulan rumah swadaya (bsps) 534 unit, pembangunan rumah khusus nelayan 50 unit serta bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Sementara pada tahun 2019 pemerintah kabupaten Pesisir Barat telah menyerahkan bantuan rumah swadaya kepada 668 kepala keluarga penerima bantuan.

Bidang Pekerjaan Umum (PU)
Pemerintah kabupaten Pesisir Barat telah menyelesaikan pembangunan gedung kantor Dprd kabupaten yang sudah selasai tahap pembangunanya dan kini sudah bisa dipergunakan, dan sudah ditempati pafa bulan Januari 2019.

K”emudian untuk pembangunan gedung kantor bupati sampai pada saat ini telah berjalan dan dalam proses pelaksanaan pembangunannya yang insya allah pada tahun 2020 yang akan datang sudah bisa ditempati”, jelas Bupati.

Selain itu, dipaparkan juga oleh Bupati, Pemerintah kabupaten Pesisir Barat juga telah melakukan pembukaan dan membangun jalan sebagai jalur transportasi menuju daerah terisolir yaitu dari pekon Way Heni menuju pekon Way Haru, pekon Way Tias, pekon Siring Gading dan pekon Bandar Dalam yang semua wilayah tersebut berada dikecamatan Bangkunat.

Sasaran pembangunan sarana transportasi yaitu berupa jalan dan jembatan , berupa pengaspalan sepanjang 30 km dari simpang Way Heni sampai ke pekon Way Haru , pembangunan jembatan sebanyak 13 unit serta saluran Drainase dengan target 20 km pada tahun 2019.

Pembangunan dibidang Elektrifikasi ,:
Di bidang elektrifikasi pemerintah kabupaten Pesisir Barat memberikan bantuan terhadap masyarakat yang belum memiliki Kwh meter listrik sebanyak 5.055 rumah tangga, dan pada tahun 2017 yang lalu telah terealisasi sebanyak 4.355 kwh meter listrik. sedangkan bantuan selanjutnya yaitu sebanyak 700 kwh meter listrik telah diberikan pada tahun 2018.

Pemasangan saluran kabel bawah laut dari pekon Tembakak sampai dengan kecamatan Pulau Pisang sepanjang lebih kurang 2 km dengan tegangan 20 kv, pada tanggal 12 April 2019, pemerintah kabupaten Pesisir Barat bersama dengan pihak pt PLN (persero) telah meresmikan beroperasianya saluran kabel listrik bawah laut dan penyalaan perdana , listrik di Pulau Pisang.

Ditambahkan Bupati, tidak cukup hanya sampai disitu tentunya pemerintah kabupaten Pesisir Barat masih mempunyai harapan yang besar terhadap pihak Pt. pln (persero) agar pada tahun 2019 target rasio elektrifikasi di kabupaten Pesisir Barat tercapai 100 persen, dengan akan terealisasinya jaringan kabel listrik dari pekon Way Heni menuju pekon Way Haru, Demi terwujudnya kabupaten Pesisir Barat terang tahun 2019.

Sementara pembangunan dibidang pariwisata,:
salah satu upaya pengembangan pariwisata kabupaten pesisir barat dalam rangka mewujudkan destinasi wisata unggulan, pemerintah kabupaten Pesisir Barat sejak tahun 2017 telah menyelenggarakan event tahunan yaitu kejuaraan Surfing international (Krui Pro) yang sudah dilaksanakan mulai tahun 2017 dan 2018 yang lalu.
Dan pada tahun 2019 , pemerintah kabupaten Pesisir Barat akan menyelenggarakan event tahunan bergensi yaitu kejuaraan surfing internasional krui pro qs 3000 dimana pelaksanaan kegiatan dimaksud akan dilaksanakan pada minggu ketiga di bulan April 2019. kejuaraan surfing internasional (krui pro) termasuk dalam 100 Calender of event Kementrian pariwisata Republik Indonesia tahun 2019″, tutup Bupati.

(Benk)