Brigade Harimau Jambi Hancurkan 32 Sumur Minyak Liar di Tahura

1106

berantasonline.com (Jambi) – Petugas Satuan Polisi Reakci Cepat (Sporc) Brigade Harimau Jambi bersama Petugas Keamanan PT.PBMS dan Dinas Lingkungan Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Selasa (12/11), melancarkan Operasi Pemberantasan tambang minyak liar di areal Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaefuddin di BajubangKabupaten Batanghari.

Tercatat 32 Sumur minyak liar berhasi dihancurkan, walaupun sempat dihalang halangi para pekerja dengan menyebut nyebut oknum Kepala Desa dan Oknum aparat keamanan yang memiliki sumur liar tersebut.

Komandan Operasi dari Brigade Harimau M.Hafis siap menelusuri nama nama oknum dibelakang sumur liar tersebut dan temuan ini akan dilaporkan dan ditindak lanjuti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari Parlaungan Nasution mengatakan Operasi ini adalah untuk memberantas praktek tambang liar di Kawasan Tahura (Taman Hutan Raya). Namun upaya ini butuh bantuan Pemerintah Pusat, pasalnya praktek tambang liar ini melibatkan ribuan pekerja, selain memberantas perlu pula dipikirkan pemulihan lingkungan yang rusak akibat tambang, dimana areal tambang liar sebelumnya berkisar 50-100 hektar, namun sejak 6 bulan terakhir ini areal yang ditambang sekitar 250 hektar.

Dikawasan Hutan Raya terdapat 2000 sumur tambang liar yang masih aktif beroperasi. (bust/kp/PM)