BPK Perintahkan Uang Pembangunan Gedung SMPN 1 Pesisir Tengah Krui Dikembalikan

1076

Lampung, BERANTAS

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah memerintahkan kontraktor pembangunan gedung SMPN 1 Pesisir Tengah Krui mengembalikan uang proyek, disebabkan kualitas bangunan yang amburadul dan tidak bisa digunakan sebagaimana ramai diungkap media massa.

Kondisi gedung SMPN 1 Pesisir Tengah Krui terdapat kerisakan disana sini, hal tersebut ditemukan Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Pesisir Barat Erwin Goestom dalam sidak yang diakukannya.

Dalam sidak yang dilakukan Erwin tersebut, ditemukan beberapa bagian plafon atap jebol dan lantai mengelupas serta berbagai tempat yang dikerjakan secara sembrono, padahal gedung tersebut sudah menghabiskan dana Rp 15 miliar anggaran tahun 2019.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Pesisir Barat Erwin Goestom dengan tegas meminta agar kontraktor tidak lain main, “Apalagi gedung ini untuk kepentingan pendidikan dan menyangkut jiwa manusia”, teganya.

Plt Kadis Dikbud Kab Pss Barat Soedibyo Kepada Wartawan mengatakan, dana pengembalian dari kontraktor nantinya akan digunakan membangun kembali hingga rampung. “Sementara bangunan belum selesai, guru dan siswa mengadakan kegiatan belajar mengajar dilokasi gedung lama yang letaknya sekitar 1,5 km dari gedung baru”, ujarnya.

Menurut keterangan, terjadinya pembangunan gedung tersebut amburadul karena pihak Dinas PUPR tidak becus bekerja, apabila Dinas PUPR mengawasi dengan baik maka dipastikan tidak akan ada penyimpangan.

Terlepas dari pengembalian uang oleh kontraktor, sudah selayaknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus melakukan pengusutan.

Siapapun yang berkaitan dengan pembangunan ini harus diminta pertanggungan jawabannya.

(Red.1/Benk)