BPJS Kesehatan Kab Pesisir Barat Buka Kanal Pendaftaran Selama 3 Hari

528

berantasonline.com (Lampung) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, melaksanakan sosialisasi berbagai program BPJS Kesehatan dan membuka kanal pendaftaran (BOTH) calon peserta BPJS Kesehatan di Kecamatan Krui Selatan selama tiga hari.

Kanal pendaftaran dimulai sejak Senin (6/8) bertempat di rumah sakit Komunitas Kabupaten Pesisir Barat, sementara untuk hari Selasa dan Rabu (7-8/8) bertempat di Puskesmas Krui Selatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Hadi Yanto kepada berantasonline.com menjelaskan, tujuan dari sosialisasi dan pembukaan kanal pendaftaran (BOTH) yakni dalam rangka meningkatkan cakupan peserta masyarakat, atau UHC (Universal Health Coverage) yang sejalan amanah Nawa Cita presiden Jokowi, bahwa 95 persen masyarakat Indonesia, tercover BPJS Kesehatan pada 1Januari 2019 nanti.

“Serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pendaftaran data, penggantian data, dan pencetakan kartu”, ujarnya.

Dijelaskanya juga, cakupan peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Pesisir Barat, saat ini, sekitar 113.130 peserta, atau 72 persen dari jumlah penduduk di kabupaten Pesisir Barat, yaitu berjumlah 157.143 jiwa, yang diambil dari data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten pesisir Barat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Krui Selatan, Indoyo, menanggapi positif langkah yang diambil oleh BPJS Kesehatan Pesisir Barat, dan menyebutnya sebagai langkah jemput Bola oleh pihak BPJS Kesehatan. “Tentunya langkah tersebut sudah sangat tepat”, tutur Indoyo.

(Benk)