BNN Kabupaten Bogor Bantu BNNP Ungkap TPPU Rp 999 M Jaringan Narkotika

190

berantasonline.com (Bogor) – Perstasi terbesar BNN Kabupaten Bogor satu tahun terahir antaralain mengungkap jaringan narkotika jenis sabu dan mengungkap Tindak Pidana Pencucian Uang ( TPPU) senilai Rp 999 Miliyar dari hasil kejahatan tersebut.

Pengungkapan TPPU dari hasil peredaran narkotika BNN Kabupaten Bogor mengamankan tiga orang tersangka ujar Kasie Penindakan Kompol Supeno melalui percakapan whatsApp kepada berantasonline.com, Senin (23/12).

Pengungkapan TPPU jaringan bisnis haram tersebut ketika BNN Kabupaten Bogor menerima informasi dari BNNP RI bahwa ketiga tersangka akan membuka blokir sebuah bank plat merah di Kota Bogor, padahal rekening tersebut sudah diblokir (dibekukan) atas rentetan peristiwa kejahatan narkotika dari Indonesia bagian timur, sulawesi.

Saya hanya membantu menangkap para tersangka berikut BB lalu diserahkan ke BNN RI di Dir TPPU, jadi tidak tahu kasus awal maupun ahirnya bos , ujar Kompol Supeno.

Dua tersangka jaringan yang kita amankan ketika hendak membuka blokir rekening yang sudah dibekukan tersebut, satu orang lagi warga kota Bogor diperalalat membuka rek bank dengan imbalan penghasilan Rp 2,5 juta per bulan, namun buku tabungan, ATM dan KTP dipegang atau dikuasi oleh jaringan tersebut, itu modus mereka.

Para tersangka dijerat UU No. 8 tahun 2010 tetang TPPU dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 10 milyar. Masyarakat diminta untuk berhati hati apa bila orang lain meminta untuk membuka rekening di bank dengan alasan tidak memiliki KTP, itu modus operandi kejahatan.

Selain menangkap tiga tersangla pihaknya juga menangkap enam orang jaringan narkotika lainnya, namun tidak disebutkan identitas para tersangka barang haram tersebut.

(Sam)