Berbagai Usulan Pembangunan Hasil Reses DPRD Pesibar Diharapkan Dapat Terwujud

101

berantasonline.com Lampung

Ketua DPRD Pesisir Barat Nazrul Arif berharap agar pokok-pokok pikiran para anggota dewan tentang berbagai usulan pembangunan di wilayah kabupaten itu, dapat terealisasi.

Walaupun menurutnya pihaknya menyadari tidak semua usulan DPRD dapat direalisasikan pembangunannya dalam kurun waktu satu tahun anggaran, mengingat tentunya ada kajian skala prioritas dengan memperhitungkan jumlah anggaran yang ada.

“Walaupun tidak semua, usulan-usulan pembangunan ini adalah tanggung jawab kami terhadap konstituen kami dibawah. Kami sebagai tempat masyarakat mengadu. Karena ada terjadi, kami serap aspirasi mereka dari kegiatan reses, musrenbang tingkat kecamatan masih ada. Tetapi sampai ke tingkat kabupaten malah hilang,” kata Nazrul, jumat (17/4-2020), ditemui dikantornya.

Usai digelar Musrenbang RKPD tahun 2021, yang dilaksanakan beberapa hari lalu. Besar harapan kata Nazrul, melalui Musrenbang Itu, berbagai usulan pembangunan dari DPRD yang diserap dari seluruh Dapil wilayah kabupaten tersebut , dapat dipenuhi dan terealisasi.

“Ini merupakan Musrenbang pertama yang kami ikuti untuk kami DPRD periode tahun 2019-2024, tentu harapannya usulan-usulan kami dapat terwujud. Meskipun tidak mungkin kalau semua usulan itu terpenuhi, karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita,” kata Nazrul.

“Kalau satu atau dua kali usulan usulan tersebut lolos (belum terealisasi-red) , itu wajar. Tetapi kalau kemudian sampai sama sekali tidak terwujud padahal pembangunan itu penting untuk kebutuhan masyarakat banyak. Tentu keberadaan kami sebagai wakil rakyat pihak yang menampung aspirasi masyarakat , bisa menjadi mentah disini dan dipertanyakan masyarakat,” kata dia.

Pihaknya juga menyadari saat ini konsentrasi besar pemerintahan kabupaten itu yakni pembangunan kantor pemerintahan yaitu saat ini kantor bupati. Banyak dana anggaran yang dialokasikan ke pembangunan itu.

“Semoga kalau pembangunan tersebut cepat selesai. maka pembangunan infrastruktur di bawah dapat lebih banyak lagi terealisasi,” kata dia.

Tambah dia, hubungan antara lembaga ekskutif dan legislatif di kabupaten itu berjalan bagus kondusif dan harmonis.

Pihaknya juga, kata Nazrul, sangat mengapresiasi sosok bupati Agus istiqlal yang telah banyak melakukan terobosan pembangunan yang terwujud di zaman kepemimpinannya.

Sehingga meskipun Pesisir Barat merupakan kabupaten Termuda di propinsi lampung tetapi pembangunannya telah sejajar dengan kabupaten kabupaten yang telah terlebuh dahulu berdiri di propinsi lampung.

Antara lain di zaman bupati agus istiqlal, pembangunan yang diwujudkan seperti listrik PLN yang telah menerangi puluhan ribu warga di kecamatan Bangkunat, pembukaan dan pembangunan jalan wayheni-wayharu. Jaringan listrik PLN bawah laut yang menerangi warga di kecamatan pulau pisang. Hingga pembangunan perkantoran pemerintahan masjid agung dan alun alun kota yang lokasinya di pusat kota krui dan prosesnya berjalan saat ini, diyakini akan memberikan dampak signifikan untuk wajah kabupaten pesisir barat yang lebih maju.

“semangat dan kerja pak bupati besar sekali untuk memajukan pesisir barat. Bupati kita niat baik cinta terhadap pesisir barat , jiwa dan raganya di korbankan untuk mewujudkan maayarakat pesisir barat yang madani mandiri dan sejahtera. Kita harus dukung,” kata politisi partai Nasdem tersebut
Kalaupun ada kritik saran , pro kontra terhadap pemerintah saat ini kata Nazrul, hal itu manusiawi dinamika dalam kehidupan dan politik, yang malah menjadi penyemangat pihaknya untuk bekerja maksimal sebagai wakil rakyat.

Irsyad