Bawaslu Sitaro Peringatkan Media Tetap Jaga Independensi Berita Pilkada

74

berantasonline.com (Sitaro Sulut)  – Bawaslu Kabupaten Sitaro terus mendapatkan pengawasan tahapan Pilkada, tak terkecuali mengawasi media penyiaran baik media TV, Koran Cetak, bahkan Media Online yang melakukan penayangan tahapan Kampanye para pasangan calon yang saat ini tengah berlangsung.

Hal itu diungkapkan ketua Bawaslu Kabupaten Sitaro Pricilya Bawole, SE melalui Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Pilkada Fidel Malumbot, S.Sos, dimana pihaknya tengah melakukan pemantauan terhadap salah satu media penyiaran TV yang ditemukan adanya pelanggaran.

“Yang menjadi temuan kita, adanya penyiaran kegiatan kampanye di salah satu media penyiaran televisi yang hanya menyiarkan kegiatan kampanye dari sebagian pasangan calon dan tidak menyeluruh, serta diulang-ulang”, ungkap Malumbot di kantor Gakkumdu Sitaro Rabu, (3/5).

Pihaknya juga telah melakukan klarifikasi kepada pimpinan media tersebut serta Tim kampanye dari pasangan calon yang di siarkan berulang-ulang pada salah satu media penyiaran TV tersebut, dan sedang dalam proses klarifikasi selanjutnya.

Selain itu menurutnya, seluruh media penyiaran harus melakukan penyiaran atau pemuatan berita secara merata ke semua pasangan calon, dan tidak hanya kepada salah satu pasangan calon lain sehingga terkesan memihak kepada pasangan calon tertentu.

“Kita maklumi bagi media yang memang telah melakukan kontrak space halaman pada media cetak atau apapun bentuknya di media lainnya dengan salah satu pasangan calon dalam hal pemuatan berita kegiatan kampanye, namun harus tetap memperhatikan larangan agar tidak menayangkan iklan lain selain iklan oleh KPUD”, tutur Malumbot.

Meski begitu, ia tetap mengingatkan seluruh media penyiaran agar tetap mengedepankan independensi jurnalistik terlebih pemuatan berita terkait dengan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan yang sedang berlangsung di Kabupaten Sitaro.

“Tentu teman-teman sudah tahu teknisnya seperti apa, dan tetap berperan menjadi wasit yang seadil-adilnya, dalam mengawal jalannya pesta demokrasi yang sedang berlangsung ini”, pungkasnya. (Tampubolon)