Bawaslu Pinrang Ajak Elemen Masyarakat Kuatkan Pengawasan Pemilu

110

Pinrang Berantasonline — Pelibatan partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilu memang sangat diharapkan mengingat dewasa ini pelaksanaan pemilu itu sendiri sudah banyak diwarnai dengan berbagai bentuk kecurangan dan dampaknya adalah menghasilkan pemilu yang tidak berkwalitas dan kredibel.

Harapan tersebut terungkap pada sebuah acara sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Bawaslu kabupaten Pinrang di Hotel M kamis 20/9, acara sosialisasi ini pihak penyelenggara mengundang sejumlah ormas, parpol, media massa, komunitas sosial dan unsur mahasiswa yang ada di daerah ini.

Sosialisasi yang dibuka oleh pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Azry Yusuf, SH.MH menyebut bahwa harapan utama dari kegiatan ini adalah pengawasan partisipatif bersama masyarakat agar lebih didorong pada arah pengawasan yang bersifat personal dalam mencegah secara dini terjadinya potensi pelanggaran pemilu.

Disisi lain Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi pembangunan Andi Patajangi Sably mewakili Bupati Pinrang dan sekaligus menjadi pemateri mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran sejumlah elemen masyarakat didaerah ini sebagai peserta ” kami sangat senang banyak komponen warga yang hadir dan ini sudah menandakan bentuk partisipasi warga ingin ikut pengawasan pemilu ” sebutnya.

Sedang Pemateri dari pihak NGO Abd. Karim mengurai beberapa bentuk partisipasi masyrakat dengan mendorong partisipatif masyarakat dalam melakukan pengawasa tahapan Pileg tahun 2019 ” Disini kita menekankan bagaimana caranya agar temuan pelanggaran pemilu itu oleh masyarakat bisa betul-betul ditindak lanjuti sehingga peranan tersebut bisa terasa manfaatnya ” katanya.

Pimpinan Bawaslu Sulsel lainnya AsrIadi, SE mengangkat materi dengan Mendorong strategi pengawasan tahapan pemilihan anggota legislatif disemua tingkatan pada pemilu tahun ini, dengan lebih menekankan pada aktualisasi azas pemilu yang Luber dan Jurdil.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pinrang Ruslan Wadud, SH.MH yang berperan selaku moderator menyampaikan bahwa pada kesempatan ini pihaknya menyerahkan naskah MoU yang sudah ditandatangani pihaknya bersama sejumlah kelompok masyarakat yang tergabung dalam berbagai komunitas dan organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah ini dalam pelibatan pengawasan partisipatif.

Sosialisasi ini mengambil tema Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

(JAY)