Bangun Way Haru, Pemkab Pesisir Barat Buka Akses Jalan dan Jaringan Listrik PLN

138

berantasonline.com (Pesisir Barat) -Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat terus melakukan meningkatkan pelayanan untuk menjangkau daerah terpencil.

Kali ini, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengunjungi Pekon di wilayah Way Haru Kecamatan Bengkunat.

Pada kesempatan itu, Bupati menghadiri kegiatan pengajian rutin Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) yang di gelar di Pekon (Desa) di wilayah Way Haru, Kecamatan Bangkunat, Rabu, (19/9).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, masyarakat Way haru, Bandardalam, Siring gading dan Pekon Way Tiyas, kedepannya dapat merasakan pasokan aliran Listrik PLN seperti Pekon-pekon lain yang ada di Pesisir Barat.

“Sanggi (Tanggamus) ke Way Heni sudah dipasang jaringan kabel listrik PLN dan dari Way Heni ke Way Haru mudah-mudahan secepatnya dapat merasakan aliran listrik PLN karena kita sedang berupaya, dan tahapannya masih dalam proses Pemerintah Pesibar dapat ber-MOU dengan Pihak PLN,” kata Bupati.

Masih kata Bupati Agus, Way Haru merupakan daerah yang dihuni oleh berbagai suku, seperti Bali, Jawa, Sunda dan Lampung. Semua merupakan warga masyarakat Pesisir Barat dan wajib mendapatkan hak yang sama.

Sementara itu, Ketua BKMT Sefti Istiqlal, ingin pengajian ini dilaksanakan di Way Haru, karena masyarakat disini merupakan masyarakat yang sangat religius. “Pengajian ini merupakan sarana bersilaturahmi, sarana bertatap muka dan mendengarkan aspirasi masyarakat,” tutur Sefti.

Disaat yang sama, Agus Istiqlal juga menyampaikan, bahwa satu bulan kedepan akan melakukan sunatan masal di pekon Way Haru sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Way Haru.

“Ini merupakan salah satu perhatian pemerintah terhadap way haru, Kita akan selalu samakan Pekon Pekon yang ada di Way Haru dengan Pekon Pekon lain,” tegas Agus Istiqlal yang di saat bersamaan juga memberikan bantuan satu unit traktor dan benih padi kepada kelompok tani dan santunan anak yatim.

Masyarakat di keempat pekon yang selama ini terpencil, kini memiliki akses jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, telah sukses membuka dan membangun akses jalan ke wilayah itu, dalam tempo sekitar satu tahun sejak awal 2017.

“Keberhasilan membuka keterisoliran empat pekon berpenduduk sekitar tujuh ribu jiwa itu, tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras seluruh jajaran yang ada di Pemkab Pesisir Barat dan masyarakat setempat,” Aku “seorang warga Way Haru.

Masih kata dia, pada masa pemerintahan Bupati Agus Istiqlal, proses pembukaan badan jalan yang menghubungkan Pekon Sumber rejo-Way haru itu dapat terwujud.

“Meski menghadapi banyak kendala. Namun semuanya berhasil diselesaikan dengan baik,” tandasnya.

(Benk)