Bangun Asrama, Kantor Kemenag Agam Persiapkan MAN 3 Jadi Boarding School

42

berantasonline.com Agam Sumbar

Kakan Kemenag Agam, Provinsi Sumatera Barat, Edy Oktafiandi kepada media, Sabtu (7/11/2020) menyebutkan, pembangunan asrama merupakan salah satu persiapan yang dilakukan untuk jadikan MAN 3 jadi Boarding School, di samping persiapan lain seperti pembinaan tahfiz, pembentukan forum annisa, dan lainnya.
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, tengah mempersiapkan MAN 3 menjadi Boarding School. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan salah satunya pembangunan asrama.

“Dengan adanya asrama, pembinaan kepada siswa bisa lebih fokus yang dapat dilakukan rentang waktu 24 jam,” ujarnya.

Pihaknya upayakan tahun ajaran 2021, sudah bisa dimulai Boarding School.

Ia mengatakan, asrama dibangun dapat menampung 50 siswa dan akan dijadikan basic dalam pembinaan lanjutan. Sehingga akan menjadi contoh bagi siswa lain terutama dalam pengembangan SDM.

“Saat ini yang sedang dibangun baru asrama putri, dengan anggaran lebih kurang Rp4,1 miliar,” sebutnya.

Dikatakannya, untuk saat ini pembangunan yang jadi prioritas adalah asrama putri, mengingat akses sekolah yang jauh dari jalan lintas, sehingga dengan adanya asrama akan menjamin keamanan siswi.

Pengembangan ke depan dalam segi pembangunan di MAN 3 Agam tidak terlepas dari bantuan Kementerian Agama. Namun kalau sudah kelihatan hasil pembinaannya, diyakininya akan ada donatur lain untuk mendukung hal ini.

Bahkan, katanya, Pjs Bupati Agam, Benni Warlis sangat mendukung upaya jadikan MAN 3 sebagai Boarding School. Katanya, mungkin saja sekarang asrama dibangun Kementerian Agama, bisa saja setelah ini akan ada bantuan dari Pemkab Agam.

“Selain membangun asrama, juga perlu dibangun aula dan labor yang masih sangat kurang di madrasah, di samping keterbatasan anggaran juga ketersediaan lahan,” terang edy.

Dijelaskannya, rata-rata madrasah di Agam memiliki fasilitas tanah yang kurang. Maka diharapkannya partisipasi dari masyarakat untuk penyediaan lahan apakah berbentuk hibah atau wakaf.

Pjs Bupati Agam, Benni Warlis mengatakan, ini sudah sepatutnya diapresiasi apalagi lokasinya juga sangat mendukung, dengan kondisinya yang tenang dan nyaman.

“Apabila MAN 3 dijadikan Boarding School, anak akan serius belajar dan nilai sekolah pun meningkat,” jelasnya.

Dijadikannya MAN 3 Agam sebagai Boarding School, diyakininya prestasi sekolah itu akan lebih baik kedepan.
(Bj.Rahmat )