Babak Baru Pengelolaan Arsip di Pemkab Pinrang

32

berantasonline.com (Pinrang Sulsel) –
Pembinaan kearsipan di Kabupaten Pinrang kini memasuki babak baru, penerapan teknologi informasi berupa perangkat lunak untuk memudahkan proses pemeliharaan arsip kini tengah dilakukan di Kabupaten pinrang.

Kamis, (18/10), Pemerintah Kabupaten pinrang memalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan menggelar kegiatan penerimaan perangkat elektronik Arsip Dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis yang dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Indonesia (ANRI) DR. Andi Kasman Makkuaseng, SE, MM.

Dalam sambutannya Andi Kasman Makkuaseng menekankan akan arti pentingnya sebuah arsip karena menurutnya arsip itu bisa menjadi sebuah sarana penghubung antara apa yang dilakukan dimasa kini buat generasi mendatang selain itu juga sebuah arsip adalah alat bukti yang otentik dalam sebuah proses hukum.

Dilain pihak Bupati Pinrang Aslam Patonangi mengungkapkan bahwa, pembinaan kearsipan di Kabupaten Pinrang saat ini tengah dihadapkan pada ketersediaan depot Arsip yang belum ada, sehingga akuisisi arsip dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum dilakukan secara maksimal.

Selain tidak tersedianya Depot Arsip, ketersediaan tenaga arsiparis di setiap OPD juga merupakan faktor penting untuk menunjang pengelolaan arsip yang baik, olehnya itu, Bupati Aslam mengharapkan setiap OPD untuk mempertimbangkan ketersediaan tenaga arsiparis di lingkungan kerjanya masing – masing.

Aslam Juga meminta kepada Kepala OPD untuk konsisten memanfaatkan Perangkat Lunak yang diberikan untuk mengelola dan menjaga arsip yang ada di OPD masing masing, Aslam pun meminta kepada Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI untuk senantiasa memprioritaskan Kabupaten Pinrang disetiap kegiatan ANRI, demi terwujudnya tata kelola  yang baik di Kabupaten Pinrang.

Senada hal tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Pinrang H M. Aswin, S.Ip. M.Si kepada Berantasonline mengaku sangat bersyukur atas hadirnya aplikasi kearsipan ini karena akan memudahkan kinerja pengarsipan dan juga dapat mengefisiensikan penganggaran ATK karena mengurangi pemakaian kertas ” Tentu kami sangat bersyukur atas kehadiran program ini karena selain memudahkan kita bekerja juga bisa menghemat kertas ” sebutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Pinrang HM. Aswin, S.IP, M.Si

Lebih Jauh dijelaskan bahwa selain memiliki banyak manfaat metode aplikasi arsip semacam ini juga dapat diakses oleh banyak pihak dan juga masyarakat karena berbasis online ” karena sudah berbentuk aplikasi maka tentu saja bisa diakses oleh siapa saja ” tambahnya.

(JAY/RY)