Asas Kerukunan Penghuni Rusunawa Dalam Masa Pademi

28

Bogor, BERANTAS

Rusunawa merupakan bentuk Asas kesejahteraaan umum dipergunakan sebagai landasan pembangunan rumah susun dengan maksud tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir & batin bagi seluruh rakyat Indonesia secara adil dan merata berdasarkan Pancasila & Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui pemenuhan kebutuhan akan perumahan.

Rumah susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yg terbagi dalam bagian struktur secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal & merupa- kan satuan yang masing- masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian.

Dalam hal ini Kepala UPTD Rusunawa Kota Bogor Ilham Gunawan,saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan fungsi2 dari pada hunian warga dalam bingkai Rumah Susun, ” Terciptanya satu lingkungan yg sehat, nyaman dan damai, kami sebagai pengelola Rumah Susun Warga (Rusunawa) senantiasa memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam informasi untuk bersama2 menjaga lingkungan dari hal2 yg tidak bermanfaat dan merugikan warga, seperti halnya kriminilitas berupa Narkoba, Keributan antar warga, pencurian dan penyebaran uang palsu ( Upal).”ujar saat di temui diruang kerjanya.

Lanjut Ilham’ “Inti kerukunan antar hunian harus menerapkan Panji Karakter Budaya Sunda yaitu.. Silih Asih .. Silih Asuh..dan Silih Asah.. Damai itu Nyaman. dan Nyaman itu Tenang.. dan Tenang itu Sehat..
apa lagi ini kita sedang menghadapi fenomena yg sangat prihatin yaitu Pademi”, ungkapnya.

(Ii Syafrillah/23)