Asah Skill, Tim PSC 119 Pinrang Lakukan Simulasi di Jalan Raya

63

Pinrang Berantas Online — Pengendara mobil jenis kijang berplat merah kemarin menabrak pengendara motor dan pejalan kaki di kawasan Jl. Bintang kota Pinrang sedikitnya 4 orang kritis dan tiga orang menderita luka-luka akibat kecelakaan tersebut, tidak berselang lama sejumlah petugas medis yang tergabung dalam unit PSC 119 Pinrang bekerja sama dengan Polantas Polres Pinrang terlihat sibuk memberi pertolongan pertama pada para korban.

Aksi tersebut diperagakan oleh peserta workshop kegawatdaruratan medis PSC 119 Pinrang bekerja sama dengan pihak Sat Lantas Polres Pinrang dalam sebuah simulasi penanganan korban kecelakaan di jalanan.

Ketua PSC 119 Kabupaten Pinrang Dr.H. Ramli Yunus

Simulasi ini berlangsung sekitar 30 menit dengan memperaktekkan standar pengangan pertama pada peristiwa kecelakaan secara bertahap sebelum korban dilarikan ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

” Simulasi ini adalah rangkaian dari kegiatan workshop yang yang kami laksanakan sejak kemarin peserta workshop diterjunkan langsung ke jalan untuk praktek dengan bimbingan langsung tim PSC 119 region celebes” kata ketua PSC 119 Kabupaten Pinrang Dr.H. Ramli Yunus kepada media disela-sela simulasi yang berlangsung depan kantor Bupati Pinrang Jumat 30/11.

“Aksi ini memang sengaja dibuat menyerupai kenyataan agar tim bisa lebih fokus memberikan tindakan emergency pada kejadian semacam ini yang memang kerap ditemui dilapangan ” tambahnya.

IPDA Suaib.

Dilain pihak Sat Lantas Polres Pinrang melalui Kanit Turjawali Ipda Suaib menyebut bahwa ini adalah sebuah tambahan pengalaman bagi pihaknya yang bisa ikut serta dalam penanganan korban Laka lantas yang sesuai prosedural medis ” Simulasi ini tentu berdampak positif bagi kami karena menjadi pengalaman tersendiri nantinya bagi anggota dilapangan ” ujar IPDA Suaib.

(JAY)