Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pentadio Gorontalo

61

Gorontalo-Berantasonline.com

Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone mengikuti Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 76 Tahun 2021Tingkat Provinsi Gorontalo, yang di pimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus.SIK.MM.M.Si, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Pentadio Kec Telaga Biru Kab Gorontalo, Selasa (17/8/2021) dini hari.

Apel penghormatan dimulai tepat pukul 00.00 wita. Acara pokok diawali dengan laporan dan penghormatan pasukan yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan apel kehormatan oleh Inspektur Upacara.

“Kami yang hadir pada saat ini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” kata Bapak Akhmad Wiyagus saat membacakan teks apel kehormatan.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” sambungnya.

Apel dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan penyalaan obor di Taman Makan Pahlawan. Apel kehormatan diakhiri dengan pembacaan doa dan penghormatan pasukan.

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan tiap malam menjelang HUT RI untuk mengenang jasa Arwah Para Pahlawan kemerdekaan. Dalam masa pandemi Covid-19, Apel dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak, hal ini berlaku terhadap seluruh peserta apel.

(IDR)