Agam Masuk PPKM Level III

15

Agam Sumbar – BERANTAS

Kabupaten Agam masuk kategori level III Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan yang menimbulkan keramaian dan kerumuman dilarang, karena rawan penyebaran Covid-19.

Salah satu potensi keramaian menjelang puncak peringatan HUT ke-76 RI tahun ini, adalah beragam acara yang dirancang masyarakat, seperti kegiatan hiburan, beragam jenis lomba, seperti yang lazim digelar setiap perayaan hari kemerdekaan bangsa ini, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia.

Berdasarkan instruksi Mendagri, Bupati Agam mengeluarkan surat edaran nomor 100/2/STC-VIII/2021 tanggal 12 Agustus 202, tentang Ketentuan Kegiatan Penyambutan HUT ke-76 RI Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Agam, yang intinya melarang warga melakukan kegiatan yang menimbulkan keramaian.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Bupati Agam Andriwarman itu, tercantum 3 poin penting terkait dengan kegiatan penyambutan HUT ke-76 RI, meminta masyarakat untuk memaksimalkan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumuman baik pertandingan, acara lomba, panggung hiburan, panjat pinang dan kegiatan lainnya, serta meminta camat meneruskan surat edaran tersebut pada wali nagari, sekaligus mengawasi kegiatan masyarakat tersebut.

Menurut Sekda Agam, Drs. H. Martias Wanto, MM Dt.Maruhun, surat edaran itu sudah disebarluaskan kepada seluruh camat, wali nagari, stakeholder terkait, serta berbagai media, yang diharapkan ditaati masyarakat, mengingat kasus pandemi Covid-19 di daerah itu masih sangat tinggi.

Martias Wanto berharap, seluruh unsur masyarakat bisa ikut berperan mengawasi, dan mendorong warga lainnya untuk tidak menggelar berbagai acara yang berpotensi menimbulkan keramaian, karena berisiko tinggi terhadap penyebaran virus corona, karena assessment dari Kementrian Kesehatan, daerah dengan PPKM level III harus diterapkan standar khusus untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami berharap, masyarakat bisa memahami kondisi yang ada, karena terlihat animo masyarakat dalam mempersiapkan berbagai acara menyemarakkan HUT ke-76 RI ini sangat tinggi. Kami minta masyarakat meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan, demi keselamatan kita semua,” pungkasnya.

(Delco Fitril, S.IP)