Pekon Suka Banjar Ngambur Terpilih Jadi Tuan Rumah lomba KESRAK PKK- KB Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018

206

Berantasonline.com (Pesisir Barat) – Pekon Sukabanjar Kecamatan Ngambur,  Kabupaten Pesisir Barat, menjadi pusat lomba kesrak PKK – KB  Kesehatan  tingkat provinsi Lampung tahun 2018.

Kegiatan lomba Kesrak tahun 2018 di pekon Suka Banjar, Jumat (7/12) diawali dengan senam seribu dan peragaan cuci tangan pakai sabun, dipimpin langsung oleh Ketua TP – PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal.

Lomba kesrak tingkat provinsi Lampung tahun 2018 juga dihadiri oleh Bupati Pesisir Barat,  Agus Istiqlal,  Wakil Bupati Pesibar, Erlina, serta rombongan tim penilai Lomba Kesrak PPK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi, yang diketuai oleh  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Advokasi Informasi Zainal Aspin. Para kepala OPD , Forkopimda Pesibar-Lambar, Kapolsek Bengkunat Iptu Ono Karyono, Camat, Peratin dan masyarakat pesisir Barat.

Dijelaskan ketua TP – PKK kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal,  kegiatan Kesrak tahun 2018 tingkat provinsi Lampung terlaksana  melaIui pemberdayaan masyarakat dalam Kesrak PKK – KB Kesehatan dan Kegiatan PKK di tingkat pekon. Dan diharapakan mampu memantapkan peran kelembagaan dan 10 Program Pokok PKK khususnya di bidang KB dan Kesehatan sekaligus mampu memberikan daya ungkit  dalam uoaya meningkatkan Kesehatan  Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Seperti, Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) khususnya di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Ngambur, terang Septi.

Sementara itu, Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pekon Sukabajar merupakan salah satu pekon yang mewakili Kabupaten Pesisir Barat dan di ikut sertakan dalam lomba Kesrak PKK- KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung tahun 2018, setelah sebelumnya pernah mengikuti lomba kesrak tingkat kabupaten.

Lomba Kesrak PKK-KB-kesehatan tingkat provinsi lampung tahun 2018 ini, diharapkan akan meningkatkan motivasi segenap jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi dalam mengintergrasikan pemikiran dan kegiatan pada lembaga Kesrak PKK-KB,” jelas Agus.

Kegiatan ini bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan istitusi KB-kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama.

Bupati juga  menghimbau kepada petugas dan pengelola kegiatan  agar dapat bekerja keras dan bekerja sama untuk menghasilkan karya yang nyata, sehingga  bisa menghidupkan pemberdayaan masyarakat yang benar-benar meyentuh masyarakat dan bisa menjadi cerminan awal untuk melihat sejauh mana kemajuan yang dicapai dalam melaksanakan kesatuan gerak PKK-KB-kesehatan serta perubahan yang terjadi di tatanan hidup dan kesejahteraan masyarakat sebagai dampak kegiatan khususnya pada Pekon Sukabanjar  Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat.

Sementara,  Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak PKK-KB-kesehatan, Zainal Aspin selaku kepala Bidang Advokasi dan Informasi menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu memicu keberhasilan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku Iebih baik dan berperan dalam menyukseskan program pemerintah.

Serta mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat. Kemudian, mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera.

“Kader PKK sampai ke tingkat Dasawisma diharapkan dapat mensosialisasikan program E-money. Yang didalamnya terdapat potensi ekonomi di desa yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan Iayanan jasa keuangan, seperti memiliki tabungan dan pinjaman,” ujar Zainal.

Zainal menyebutkan akan memberi penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni ; Kesrak PKK- KKBPK Kesehatan, Posyandu, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga, serta lingkungan Bersih dan Sehat.

Sedangkan , untuk lomba Kegiatan PKK dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK yaitu ; pelaksana terbaik Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja, Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Halaman ASRI Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK dan Pelaksanaan Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Inspeksi Visual Asam Assetat (IVA) Test,”terang , Zainal.

(Benk)