70 Pasang Saksi dan Wali Nikah Hadiri Sidang Isbat Terpadu di Halaman Kantor Kecamatan Baros

85

berantasonline.com (serang banten)

Isbat nikah terpadu dilaksanakan di kantor kecamatan baros, Jumat 20/12/2019.

Kegiatan tersebut berkat kerjasama pemda kabupaten serang dengan pengadilan agama dan Kemenag kabupaten serang.

Acara pembukaan sidang isbat nikah terpadu di hadiri oleh Drs. Sabil kepala kantor urusan agama kecamatan baros beserta jajarannya, Danramil Baros beserta jajarannya, Kapolsek Baros beserta jajarannya, Hakim dan panitera pengadilan agama, pemkab serang dan jajarannya, Disdukcapil dan jajarannya, masyarakat serta para undangan.

Sedangkan para pemohon sidang isbat nikah terpadu sebanyak 70 pasang para saksi dan wali nikah pada saat pernikahannya dahulu dilaksanakan.

Pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu tersebut di buka secara langsung oleh camat baros Basuki, SPdi.

Ia menyampaikan bahwa dasar sidang isbat nikah terpadu, adalah peraturan mahkamah agung RI nomor 01 tahun 2015 tentang pelayanan terpadu sidang keliling pengadilan negeri, pengadilan agama dan mahkamah sariah dalam rangka menerbitkan akta perkawinan buku nikah dan akta kelahiran.

“Kegiatan ini sangat positif karena mempunyai manfaat yang sangat besar sekali, untuk legalitas formal bagi masyarakat, yang pernikahannya belum tercatat di dalam administrasi kependudukan, kepengurusan kartu keluarga, akta kelahiran anak anaknya, dibutuhkan buku nikah yang sah secara hukum Islam dan undang undang perkawinan nomor 01 tahun 1974 setelah pernikahannya yang di laksanakan secara sah di tetapkan oleh hakim, maka para pemohon isbat nikah di berikan buku nikah kartu keluarga sekaligus akta kelahiran anak anaknya”, paparnya.

Selanjutnya dilaksanakan sidang isbat nikah terpadu secara massal dengan tim hakim dan panitera pengadilan agama sebanyak 4 meja persidangan bertempat di kantor kecamatan baros.

Para pemohon sidang isbat nikah terpadu ini di ambil sebanyak 5 orang di masing-masing Desa dari 14 Desa yang berada di binaan kecamatan baros.

(M.rais)