61 warga Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Pasar Balai Salasa

21

Berantasonline.com (Agam-Sumbar)

Operasi Yustisi penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, digelar personil gabungan dari Pemerintah Kabupaten Agam (Pemkab Agam) bersama TNI dan Polri di kawasan Pasar Balai Selasa, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Selasa (3/11/2020).

Sedikitnya, 61 pengunjung pasar yang kedapatan tidak mengenakan masker hingga tidak membawa masker, baik yang lupa maupun yang sengaja tidak mengenakan masker dijaring oleh petugas gabungan, tutur Koordinator Operasi Yustisi, M. Arnis, S.IP saat dikonfirmasi Berantasonline.com Selasa (3/11/2020).

Dia menjelaskan, 61 warga yang terjaring dalam operasi Yustisi ini diberikan sanksi berupa membersihkan fasilitas umum atau denda sebanyak Rp100 ribu.

“Ada 61 warga yang kedapatan melanggar prokes, sebanyak 55 orang menjalankan sanksi sosial, sedangkan 6 orang lainnya membayar denda Rp100 ribu,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, jika kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan, baik perorangan maupun pemilik usaha/kegiatan, maka akan diberi sanksi, dan denda bahkan dipidana. Kegiatan ini akan terus digelar hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pihaknya akan terus memberikan edukasi pentingnya penggunaan masker dan memperhatikan kedisiplinan protokol Covid-19, khususnya di wilayah keramaian, pungkasnya.

(Delco Fitril, S. IP)