4 Program Pembangunan Pemkot Bogor Diperkuat Penerbitan Produk Hukum Yang Proporsional

158

berantasonline.com Bogor-

Pemerintah Kota Bogor pada tahun 2020 ini komitmen dan terus berinovasi melanjutkan kebijakan menguatan program pembangunan, dan diperkuat melalui produk hukum yang berupa Peraturan maupun Keputusan Wali Kota Bogor.

Pertama tentang Program Perekonomian Rakyat, Kedua Program Kesehatan, Ketiga Program Pengentasan Kemiskinan dan Keempat Program Pendidikan.

Kabag Hukum dan HAM Alma Wiranta, ketika ditemui diruang kerjanya ( Kamis, 2/1/2020) menjelaskan Target capaian program pembangunan Pemkot Bogor pada tahun 2020 dimaksimalkan dengan dana APBD Kota Bogor yang sudah diparipurnakan pada tanggal 31 Desember 2019 lalu, melalui 4 Program yang dipetakan oleh Bagian Hukum terhadap beberapa usulan OPD yang saat ini terus bersemangat melayani masyarakat sehingga akan kami perkuat melalui penerbitan produk hukum yang proporsional.

” Saya selaku administrator bagian Hukum dan HAM, melaksanakan kebijakan Pimpinan dalam menyikapi penguatan program tersebut melalui penerbitan Peraturan maupun Keputusan Wali Kota, sebagaimana yang telah disusun pada tahun 2020 meliputi beberapa program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk membangun Kota Bogor dengan visi yang ramah bagi keluarga, diantaranya Pertama Mewujudkan penataan PKL di beberapa wilayah, memperkuat peran Perumda Pasar Pakuan Jaya dan peningkatan ekonomi UKM termasuk di sepanjang Surya Kencana dengan konsep mini China Town. Juga kebijakan penataan swalayan/ minimarket yang sesuai RTRW. Untuk program kesehatan, Pemerintah Kota Bogor akan menekankan regulasi peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemahaman tentang Stuting, selebihnya melanjutkan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkotika, konsisten pada penertiban Kawasan Tanpa Rokok (KTR) , Minuman Beralkohol (minol) dan kerjasama peningkatan Pelayanan BPJS kepada warga Kota Bogor melalui RSUD dan Puskesmas.

Untuk Program Pengentasan Kemiskinan akan melanjutkan Bedah Rumah, bantuan bencana dan membuat pemukiman bagi warga terdampak double track kereta api yang layak bagi hunian Masyarakat Kecil.” Ujar Alma.

Lebih Lanjut Alma menerangkan tentang program Pendidikan akan melakukan regulasi dan kebijakan terhadap pengambilan ijazah sekolah bagi anak dari keluarga yang kurang mampu, perluasan Beasiswa Pendidikan bagi pelajar yang berprestasi dan berkualitas, serta membangun sarana Perpustakaan yang refresentatif.

Itu semua pada tahun 2020 diharapkan terealisasi, kami akan terus meningkatkan pelayanan melalui tugas dan fungsi Bagian Hukum & HAM, tujuan prioritas kebijakan dan regulasi khususnya bagi masyarakat Kota Bogor untuk mendukung provinsi Jawa Barat agar tetap yang terbaik.” Pungkas Alma.

(Ii Syafri)