39 Kelompok Tani di Pesisir Barat Dapat Bantuan Alsintan

449

Berantasonline.com (Pesisir Barat)

Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Pesisir Barat, N Lingga kusuma mewakili Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri acara temu lapang penyerahan bantuan alat mesin pertanian kabupaten Pesisir Barat tahun 2020 di Lapangan Kantor Kecamatan Pesisir Selatan, Selasa(11/2).

Penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) oleh Sekda N. Lingga Kusuma berupa Handtraktor sebanyak tujuh unit, Pompa air 30 unit, Cultivator 2 unit, dan Handsprayer 10 unit.

Bantuan tersebut diserahkan kepada 39 Kelompok tani yang berasal dari Kecamatan Pesisir Tengah, Krui Selatan, Pesisir Selatan, Ngambur, Ngaras dan Kecamatan Bengkunat.

Dikatakan Lingga Dalam Sambutanya,” kabupaten Pesisir Barat mempunyai luas lahan pertanian sekitar 65.349 Hektare. 8.745 ha merupakan lahan sawah dan 20.553 ha merupakan tegalan. Lahan sawah memproduksi padi tiap tahun mencapai sekitar 88.246 ton gabah kering giling (gkg) dan jagung sekitar 27.516 ton.

Masih kata Lingga, produktivitas padi sawah rata-rata di kabupaten Pesisir Barat pada tahun 2019 lalu mencapai 5,01 ton/ha, akan tetapi di beberapa daerah hasil pengukuran dengan ubinan dapat mencapai 5,9 ton/ha.

Lebih lanjut dikatakan Lingga , pada tahun 2020 sasaran produksi pertanian di kabupaten Pesisir Barat, ditargetkan mencapai 117.870 ton produksi padi, jagung sebesar 28.783 ton dan produksi kedelai sebanyak 3.440 ton. Untuk mencapai sasaran produksi yang telah ditargetkan tersebut, pemkab Pesibar menyiasati dengan beberapa strategi, seperti meningkatkan produktivitas luas tanam, pengolahan lahan dengan benar, pengunaan bibit unggul, penggunaan pupuk, pengendalian hama dan penyakit, serta mendukung dan membantu para petani agar dapat menggunakan tekhnologi pertanian, berupa alat mesin pertanian (alsintan). Tidak hanya itu saja, pemkab Pesibar juga giat melakukan pembangunan/rehabilitasi jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT),
pembangunan embung dan pemanfaatan mesin pompa air.

“Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan sasaran produksi padi dan hasil pertanian lainya di Pesisir Barat dapat tercapai, sehingga dapat mendukung swasembada pangan nasional”, pungkas Lingga.

(Benk)