Forkopimcam Lakukan Penataan Area Wisata Geyser Cipanas Cisolok, DPRD Kabupaten Sukabumi Berikan Apresiasi

35

berantasonline.com (Sukabumi)

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar memberikan apresiasi terhadap penataan kawasan wisata Geyser Cipanas Cisolok yang dikelola dengan baik serta dalam penataannya semakin rapi. Ia menyatakan kekagumannya terhadap perubahan signifikan yang terjadi di kawasan wisata tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak pengelola dan Pemerintah Daerah, jajaran Forkompimcam dan masyarakat terkait, dalam merapikan kawasan Geyser Cipanas Cisolok,” ungkapnya, Rabu (12/06/2024).

Dengan kondisi rapinya area kawasan objek wisata tersebut, Hera meyakini bahwa kedepannya akan berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan dan perekonomian daerah.

“Ini bisa menjadi daya tarik wisatawan baik dari lokal juga luar Sukabumi, bisa menambah PAD dan penghasilan ekonomi masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Hera, kedepannya Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi bisa bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan seluruh unsur terkait lainnya agar bisa meningkatkan nilai tambah seperti UMKM, yang saat ini para pedagang tenda biru telah direlokasi ke tempat yang telah disediakan sebelumnya yakni di lahan yang bersatu dengan parkiran.

Hera mengakui, meski telah bersih dan rapi, masih perlu pembenahan yakni area pedestrian perlu perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keasriannya.

“Iya, itu perlu dilakukan perbaikan, dan program itu Dinas Pariwisata yang membuat, kalau kami di DPRD sifatnya menyetujui,” bebernya.

Diketahui, pembenahan dan penataan di area Geyser Cisolok dilakukan jajaran Forkompimcam yang dipimpin langsung oleh Camat Cisolok, Jenal Abidin berkolaborasi dengan seluruh element terkait baik Pemerintahan Desa serta masyarakat setempat.

Para pedagang tenda biru yang dianggap membuat kumuh area wisata kini telah direlokasi. Untuk mengantisipasi para pedagang tenda biru tersebut kembali ke area Geyser Cipanas Cisolok, jajaran Forkompimcam memasang papan imbauan larangan berjualan.

(Alex/Ris)