Dinas PU Kabupaten Sukabumi Lakukan Pembersihan Saluran Irigasi Sukawayana Cikakak

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana Kecamatan Cikakak, Selasa (07/05/2024).

Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi mengatakan, kegiatan monitoring saluran irigasi dilakukan untuk membersihkan rumput liar yang bisa saja menyebabkan tersumbatnya air, sehingga bisa berdampak fatal dan mengakibatkan banjir.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan kegiatan monitoring dari mulai bendungan dan saluran irigasi. Kita juga melakukan pembersihan saluran irigasi dari rumput liar yang menghalangi saluran irigasi ini,” ujarnya.

Edi menyatakan, kegiatan pembersihan saluran irigasi yang dilaksanakan secara rutin dan berkala ini dilakukan untuk memperlancar aliran air irigasi dan disalurkan ke sawah-sawah petani serta memenuhi kebutuhan air bagi warga.

“Dengan adanya pembersihan ini, saluran air yang mengalir bisa lancar tanpa terhambat. Sehingga sawah warga bisa teraliri air dan tidak mengalami kekeringan,” tandasnya.

(Alex/Ris)