Menuju Pilkada Serentak 2024, KPU Sitaro Laksanakan Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih dan Simulasi Coklit

24

Sitaro, BERANTAS

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sitaro melaksanakan Bimbingan teknis pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, serta penggunaan aplikasi E-Coklit bagi petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) se Wilayah Tagulandang dan Biaro, Minggu (23/06/2024).

Kegiatan Bimtek ini berlangsung di Aula Little Mart Kelurahan Tatahadeng Siau Timur dan dibuka langsung oleh Komisioner Bidang Perencanaan dan Data KPU Sitaro Frismar B.S Siramba, dihadiri sekitar 75 petugas Pantarlih dan didampingi oleh PPK se-wilayah Tagulandang dan Biaro.

Bimtek yang dilaksanakan oleh KPU Sitaro ini bertujuan sebagai pembekalan dan penyusunan daftar pemilih serta penggunaan aplikasi E. Coklit bagi petugas Pemutahiran data pemilih (Pantarlih) wilayah Tagulandang Biaro untuk pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Tahun 2024.

Bimtek yang dilaksanakan berlangsung satu hari penuh, dengan berbagai materi termasuk simulasi petugas pemutahiran data pemilih saat melaksanakan tugas mereka dilapangan agar mendapatkan data pemilih yang benar dan valid.

Menurut Siramba, kegiatan juga akan dilanjutkan dengan pelantikan dan apel akbar Pantarlih serta pelaksanaan Coklit pada hari Senin 24/06/2024. “Coklit sendiri rencananya akan dilaksanakan selama satu bulan dimulai tanggal 24 Juni sampai 25 Juli 2024 dan ditargetkan dalam jangka 2 minggu dapat selesai”, ujarnya.

“Demi suksesnya tahapan-tahapan pilkada, kami tetap berkoordonasi dengan Pemerintah Daerah. Kami berharap masyarakat Sitaro menyambut baik kedatangan petugas Pantarlih ke rumah-rumah warga, dan menunjukkan dokumen yang dibutukan”, tutupnya.

(Tampubolon)