Salah Satu Program Prioritas Bupati, Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Seleksi Hafiz Al-Qur’an Tingkat SMP

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan seleksi dan evaluasi bagi siswa-siswi Penghafal Al-Qur’an (Hafiz) tingkat SMP se-Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut dilangsungkan di SMPN 1 Cikembar Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/05/2024).

Kepala Seksi Kesiswaan dan Manajemen SMP pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Devi Indra Kusumah menyatakan, kegiatan ini adalah salah satu program prioritas Bupati Sukabumi, dan telah berjalan tiga tahun.

“Tujuannya, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan membentuk akhlak mulia,” ujarnya.

Lebih lanjut Devi menuturkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk melahirkan generasi yang mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin menggali dan menumbuhkan semangat peserta didik agar lebih bergairah mempelajari, menghafal dan meningkatkan pemahaman Al-Qur’an. Kegiatan ini pun menjadi patokan keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam di sekolah, khususnya bidang Hafiz Al-Qur’an,” tuturnya.

Devi menjelaskan, pada seleksi dan evaluasi Hafiz Al-Qur’an tingkat SMP tahun 2024 ini, 116 peserta didik bersaing untuk mendapatkan kuota 64 beasiswa Hafiz dengan nilai masing-masing Rp 5 juta.

“Kegiatan ini diharapkan memotivasi siswa-siswi untuk terus menghafal dan memahami Al-Qur’an serta mengimplementasikannya dalam kehidupan,” pungkasnya.

(Alex/Ris)