Geopark Ciletuh Run 2024 Digelar, Bupati Ajak Memuliakan Warisan Bumi dan Mensejahterakan Manusia

5

berantasonline.com (Sukabumi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami melepas 600 peserta Geopark Ciletuh Run 2024 yang diikuti dari berbagai daerah. Terdapat dua kategori jarak yang akan ditempuh, antara lain jarak 5 kilometer dan 10 kilometer. Start diawali dari runners 10 kilometer dan dilanjutkan 5 kilometer. Kegiatan berlangsung di Pantai Palangpang Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Minggu (12/05/2024).

Di ajang ini, para peserta akan menyusuri pemandangan indah kawasan Geopark Ciletuh sepanjang lintasan, sehingga runners akan mendapatkan pengalaman seru saat mengikuti Event Turisme tersebut.

Bupati menyampaikan, Geopark Run Series 2024 diselenggarakan di 5 Geopark di Indonesia. Diantaranya Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark, Geopark Nasional Meratus, Maros Pangkep UGGP, Rinjani Lombok UGGP, dan Belitong UGGP.

“Kami sangat bersyukur, Geopark Series 2024 ini dimulai dari Ciletuh Palabuhanratu,” ungkapannya.

Dikatakan Bupati, Event tersebut sebagai simbol semangat Pemerintah untuk mempromosikan keindahan alam dan potensi pariwisata yang dimiliki. Melalui langkahnya itu, Bupati konsisten pesona alam dan budaya Kabupaten Sukabumi akan semakin terkenal dimata dunia. Selain terus mempromosikan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga tengah konsen pengembangan Geofood sebagai strategi inovatif Unesco.

“Saya ingin mengajak kepada semua untuk menjadikan acara ini sebagai momentum agar lebih peduli terhadap pariwisata lokal kita,” imbuhnya.

Bupati meminta, kepada para Runners Geopark agar selalu menjaga lingkungan dan menghormati budaya serta tradisi yang ada, supaya taman bumi Kabupaten Sukabumi bisa terus lestari. Begitu pun masyarakat senantiasa bisa melayani wisatawan dengan senang hati.

“Mari kita wujudkan memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan manusia sebagai motto Geopark,” tandasnya.

(Alex/Ris)